Tag: komputer

Aku Sendirian, Tapi Aku Merasa Sangat Bebas!! | Jurnal Bulan Ramadhan Nur Rachminawati

Jurnal Bulan Ramadhan Nur Rachminawati
Juni – Juli 2014

MINGGU KETIGA

Tanggal 15 Juli 2014, Selasa

Ohya, sepertinya aku belum menuliskan hal ini, tapi mulai minggu ini, adikku mulai pergi ke sekolah lagi. Dia hanya bersekolah selama seminggu di bulan Ramadhan. Sekarang dia sudah menjadi siswa SMA kelas XI. Keren! Tidak terasa dia sudah kelas sebelas lagi. Padahal baru kemarin dia menjadi siswa SMA kelas sepuluh yang baru masuk. Setahun itu berjalan dengan cepat ya..

Pernah aku juga mengalami momen seperti ini, dimana waktu (terasa) berjalan dengan cepat. Tapi, rasanya aku sering sekali mengatakan tentang waktu yang cepat berlalu, iya tidak?

Waktu itu masih bulan Januari 2014, baru saja semua orang merayakan tahun baru. Lalu, kemudian masuk ke bulan februari, maret, april, mei, juni, dan juli. Dan sekarang bahkan hendak memasuki bulan Agustus!! Rasanya masih kemarin-kemarin, aku mengingat perayaan tahun baru di televisi, dan sekarang sudah akan bulan Agustus saja.

Waktu benar-benar misterius ya… Kalau disuruh untuk mendeskripsikan apa itu waktu kepada masing-masing orang, aku yakin jawaban mereka pasti berbeda-beda. Dan jika aku harus mendeskripsikan waktu, rasanya aku tidak sanggup. Hmmm… Sepertinya bukan ke-tidak sanggupnya sih, rasanya terlalu sulit saja untuk diungkapkan oleh kata-kata.

Ohya, rasanya sendirian dirumah itu… Rasanya sangat sepi sekali. Aku sendirian dirumah; Ayah dan Ibu pergi bekerja, sedangkan adikku sekolah. Aku sendirian dirumah. Belum lagi, aku sedikit parno terhadap beberapa hal, dan banyak hal yang aku khawatirkan saat aku sedang sendirian dirumah. Aku terlalu banyak mengkhawatirkan segala sesuatu. Rasanya menyebalkan, tapi tanpa perasaan itu, sepertinya aku seperti kehilangan sesuatu yang penting.

Namun, ada satu hal yang menyenangkan ketika dirumah sendirian. Yaitu, aku bebas melakukan apapun! Yeah! Tidak akan ada yang merasa terganggu dengan apa yang aku lakukan. Hahaha. Bahkan, jika aku tertawa keras sekalipun, adikku tidak akan mengomel lagi. Hehe. Ohya, apalagi aku sedang ‘halangan’ saat itu, sehingga aku bisa makan sepuas hatiku. Hehehehehe. Dan jadilah hari itu sebagai hari khusus untukku! Rasanya menyenangkan.

Satu hal yang bisa aku lakukan adalah, aku bisa meminjam komputernya adikku. Well, sebenarnya itu adalah komputer bersama, untuk dipakai bersama. Hanya saja, komputer itu disimpan di kamarnya adikku, sehingga penggunaannya dimonopoli oleh adikku sendiri, seakan-akan komputer itu miliknya saja. Oh, aku sudah menyebutkan monopoli kan? Ya. Sangat menyebalkan sekali bahwa adikku memonopoli komputer itu, ketika aku membutuhkan komputer itu, dia dengan judesnya berkata ‘nanti saja’. Apa-apaan itu coba? Sangat menyebalkan sekali. Intinya, aku tidak bisa menggunakan komputer itu dengan bebas, apalagi saat adikku sedang bermain dengan komputer itu. Aku harus menunggu ketika adikku sudah tidur kalau mau meminjam komputer itu. Sedih ya? Iya.

Dan, sudah kubilangkan, jika sendirian dirumah, aku bebas melakukan apapun? Salah satunya adalah meminjam komputer adikku; setidaknya sampai dia pulang kerumah dari sekolah. Tapi dia pulang pada sore hari, sekitar pukul 4 atau 5-an. Jadi aku lumayan punya waktu yang cukup banyak, kan? Hahahaha.

Saat itu, dengan komputer adikku, aku hanya ingin melihat koleksi anime yang adikku miliki. Beberapa anime itu sudah ada di dalam hdd-ex yang aku miliki, hanya saja aku ingin mengecek, siapa tahu adikku sudah mendownload anime baru. Jika anime itu bagus, aku bisa menontonnya juga. Dan koleksi animenya lumayan banyak juga. Lalu, dia juga mengikuti beberapa anime summer yang aku ikuti juga. Salah satunya adalah Gekkan Shoujo Nozaki-Kun, Sword Art Online II, Aldnoah Zero, Akame ga Kill, dan masih ada yang lainnya juga.

Kemudian, pencarian itu berakhir pada aku yang menonton ulang beberapa anime. Anime itu adalah Noragami dan Shingeki no Kyojin. Dua anime itu adalah anime favorit yang aku tonton pada masa tayangnya. Anime musim apa ya? Aku lupa lagi. Saat itu terbesit perasaan kangen ingin menonton lagi anime itu, walaupun hanya sepintas saja.

Selain itu, sepertinya didasari juga pada motif pribadiku, hahaha. Sebenarnya aku sangat penasaran dengan karakter suara yuki kaji. Dia adalah seiyuu dari karakter Yukine (Noragami) dan Eren Jaeger (Shingeki no Kyojin), maka dari itu pada akhirnya aku re-watch lagi kedua anime itu, noragami dan shingeki no kyojin.

dan aku pikir, yuki kaji punya suara yang khas. Suaranya mudah di kenali, dan… aah! membuatku (sedikit) meleleh mendengar suaranya. hehehe []

 

Advertisements

Konsep Dasar KLASIFIKASI

Selamat malam semuanya :D Semoga kalian semua diberkahi selalu oleh Rahmat-Nya, dimanapun kalian berada :)

Oke. Sebetulnya, aku membuat postingan ini dalam rangka me-review ulang apa yang sudah aku pelajari di kelas, karena besok aku akan menghadapi UTS Genap -.- Jadi tidak ada salahnya kalau aku berbagi apa yang sudah aku dapat untuk kalian? :D

Silahkan di baca ^^

– – –

Mungkin kalian semua tidak asing lagi dengan kata klasifikasi. Bahkan mungkin, secara tidak langsung, kalian banyak melakukan klasifikasi ini dalam hidup kalian masing2.

>> APA

jadi, apa itu KLASIFIKASI?

Klasifikasi adalah penyusunan, pengelompokkan, pemisahan, penggolongan, memisahkan, membedakan. Itu artinya, kita mengklasifikasikan (menggolongkan) suatu benda (apapun itu) berdasarkan ‘suatu aturan’ yang berlaku. Aturan itu bisa jadi dari : warnanya, ukurannya, manfaatnya, dan masih banyak lagi.

Sadar tidak? Di lemari pakaian kalian, kalian memisahkan mana baju, mana celana. Di dapur, kalian memisahkan piring, gelas, mangkok, dan sendok. Di dalam file komputer, kalian membuat folder2 seperti musik (untuk menyimpan musik) photo (untuk menyimpan momen2 berharga) dan lain lain. Mungkin di rak sepatu? Kalian memisahkan sepatu olahraga, dan sepatu untuk sekolah, ada juga sepatu untuk main, dan juga sepatu untuk ke pesta atau acara2 resmi. Dan masih banyak lagi.

Hal2 yang tadi aku sebutkan, sebenarnya itulah klasifikasi! Secara tidak langsung, (dan mungkin tidak kalian sadari) kalian sudah melakukan kegiatan klasifikasi dalam hidup kalian :D keren kan? hehe. Contoh yang tadi aku sebutkan, sebenarnya baru sedikit. Masih banyak lagi dalam kehidupan kita yang “dimudahkan” karena adanya proses klasifikasi.

Dalam dunia ilmu perpustakaan juga tidak terkecuali. Klasifikasi menjadi sebuah mata kuliah yang wajib di pelajari. Karena ada di ranah perpustakaan, maka objek yang di klasifikasikan (kebanyakan) adalah buku. Kalian tahu? klasifikasi untuk buku bisa lebih kompleks daripada apa yang bisa kalian bayangkan ^^

jadi, apa itu KLASIFIKASI?

Klasifikasi adalah penyusunan bersistem dalam suatu kelompok berdasarkan aturan yang berlaku.
Klasifikasi adalah pengelompokkan entitas berdasarkan kategori dan ciri yang sama. (ini yang aku dapatkan di kelas klasifikasi di kampusku ^^)

sudah paham kan sampai disini? ^^”.

Mungkin kalian sama seperti aku. Aku tidak pernah menyangka bahwa ‘hal kecil’ yang aku lakukan dalam hidupku seperti menggolongkan barang2, bisa menjadi sebuah mata kuliah yang penting ^^ Kedengarannya memang aneh, tapi itulah kenyataannya. Tapi ternyata, dibalik ‘hal kecil’ itu, aku hanya baru mengetahui sebagian kecil saja. Masih banyak yang belum aku ketahui. Dan setelah mempelajari ‘hal kecil’ ini, aku jad lebih banyak tahu, dan berimbas menjadi ‘sesuatu yang lebih besar’ dalam kehidupan ku juga sekitarku :”D Percayalah ^^

>> TUJUAN

Kali ini, konsentrasinya lebih kepada tujuan klasifikasi buku dalam dunia perpustakaan :)

mungkin, kalian pasti pernah bertanya2, “Apa sih tujuan adanya klasifikasi di perpustakaan? perasaan ngga ngaruh2 amat. Toh buku tinggal disusun-susun aja. kenapa mesti repot?” wkwkwkwk

adanya klasifikasi, bertujuan :

1. memudahkan pencarian bahan pustaka (misalnya buku) oleh pengguna (mungkin ini masih terlalu awal, tapi klasifikasi bisa menentukan dimana ‘lokasi’ buku itu berada)

2. menempatkan bahan pustaka dengan subyek yang sama kedalam satu jajaran koleksi yang sama.

*subjek itu seperti tema, atau disiplin ilmu, atau topik utama yang dibahas dari buku itu. misalnya ada sebuah buku dengan jenis novel yang berjudul “CRUISE CHRONICLE” yang ditulis oleh Ruwi Meita. Maka subjek utamanya adalah literatur; fiksi*

misalkan, kalau buku2nya fiksi semua, kita mengumpulkan semua buku dengan subyek fiksi dalam satu rak yang sama ^^

3. memudahkan penempatan buku baru.

>> FUNGSI

Adapun fungsi dari klasifikasi itu sendiri :

1. Panduan untuk mengembangkan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan

2. Memudahkan proses SHELVING *googling sendiri ya, arti dari SHELVING hehehee*

>> MANFAAT

Manfaat? jangan ditanya. JELAS BANYAK BANGET. Manfaatnya itu sendiri tergantung pada klasifikasi itu digunakan pada bidang apa.

Misalkan klasifikasi pakaian di dalam lemari, jelas manfaatnya adalah untuk memudahkan kita dalam mencari suatu pakaian. kalau kita buru2, kita bisa dengan mudah mendapatkan apa yang kita cari. NAAAHHH, dalam perpustakaan juga seperti itu ^^

Manfaat disini adalah manfaat klasifikasi dalam perpustakaan, diantaranya :

1. Penuntun berpikir sistematis
2. Untuk mengetahui jumlah koleksi yang ada di perpustakaan tersebut
3. Untuk mengetahui keseimbangan koleksi
4. Untuk mengetahui cakupan ilmu pengetahuan
5. Keragaman koleksi dengan mudah di ketahui.

– – –

Mungkin sebagian dari kalian masih absurd dengan apa yang sudah aku jelaskan pada kalian.

Jika kalian punya banyak waktu luang, cobalah untuk mempelajari salah satu skema klasifikasi yang digunakan untuk buku di perpustakaan, aku sarankan untuk melihat skema klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification)

Terkesan seperti “buat apa sih? Kayak kurang kerjaan banget belajar kayak gitu dengan sengaja”. Yah, boleh2 saja sih kalian beranggapan seperti itu, tapi aku tidak main2. Setelah kalian mempelajari skema klasifikasi itu, kalian akan mengerti maksudku.

kalian akan menemukan sesuatu yang bisa membuka pikiran kalian.
itu yang aku dapat setelah mempelajari skema klasifikasi DDC (saat aku duduk di bangku SMA) dengan sengaja *dan karena tuntutan tugas akhir juga*

tidak ada didunia ini yang bisa disepelekan, atau diremehkan. termasuk untuk kegiatan “klasifikasi” seperti ini juga ^^ klasifikasi ini benar2 membuka mataku juga pikiranku, dan benar2 membantuku untuk berpikir sistematis, berurutan, dan terorganisir :3

Mata kuliah klasifikasi ini berhasil menempati hatiku ^^ Bukan karena dosennya, tapi karena materinya itu sendiri. KLASIFIKASI :D

– – –

yosshaa! semoga bermanfaatnya teman-teman.
sampaikan komentar, kritik, dan saran kalian juga ^^

doakan aku, semoga aku bisa melalui UTS ini dengan lancar. aamiin

salam hangat,
uruuchan.

Photo : Pekerjaan @mrahmatmahadika ^^

image

24 jam mungkin.. Dialah pemilik sejati komputer dirumahku. Pagi, siang, sore, malam.. Cuma dia yang memonopoli komputer dan internet. Bahkan kalau mau pinjampun, repotnya minta ampun ^o^ Pekerjaan adikku @mrahmatmahadika menjadi : COMPUTER’S GUARD HAHAHA XD