Tag: bisa

Ternyata Aku Bisa Tertawa Seperti Itu Juga Ya… | Jurnal Bulan Ramadhan Nur Rachminawati

Jurnal Bulan Ramadhan Nur Rachminawati
Juni – Juli 2014

MINGGU KETIGA

Tanggal 14 Juli 2014, Senin

Apa yang harus aku tulis untuk hari itu? Mungkin hari itu adalah hari yang paling buruk dari semua hari yang aku jalani selama bulan Ramadhan ini. Aku tidak percaya diri untuk menuliskan semua yang aku lakukan saat hari itu.

Sebenarnya, mungkin bisa dikatakan bahwa yang aku lakukan hari itu tidak sepenuhnya buruk. Aku mengalami hal yang menyenangkan, juga aku mengalami sesuatu yang saat itu aku pikir menyenangkan, tapi nyatanya itu adalah sesuatu yang buruk dan tidak menyenangkan.

Seperti biasa, sesuatu yang menyenangkan bagiku adalah menonton anime. Hari itu aku menonton Haikyuu episode 14 dan barakamon episode 2. Dan seperti biasanya lagi, aku tertawa ngakak. Bahkan adikku sampai terganggu dengan suara tawaku yag terbahak-bahak. Aku benar-benar tidak bisa menahan tawaku sendiri ketika menonton anime dua itu, haikyuu dan barakamon. Hebat sekali dua anime itu, bisa berhasil membuatku tertawa.

Dan, kupikir-pikir lagi, aku adalah orang yang tidak mudah tertawa. Kenyataannya memang begitu. Aku adalah orang yang serius, sulit diajak bercanda. Kadang kalau aku bertemu dengan orang yang sedang mengajak bercanda kepadaku, aku sulit harus menanggapi seperti apa candaannya kalau memang candaannya tidak lucu. Ah seperti itulah. Tapi, ketika memang ada sesuatu yang lucu, aku tidak segan-segan untuk tertawa, tertawa sebanyak-banyaknya. Sayangnya, itu adalah kejadian yang sebenarnya mungkin langka dalam hidupku.

Apakah hidupku sebegitu suramnya sehingga sulit sekali mencari sesuatu yang bisa membuatku tertawa? Hahahaha. Dan syukurlah, itu tidak terjadi. Menurutku hidupku tidak terlalu suram, karena aku masih menemukan hal-hal di sekitarku yang bisa membuatku tertawa. Salah satunya adalah keluargaku sendiri. Bisa dibilang, setiap anggota keluargaku selalu bisa membuatku tertawa, mulai dari Ayah, lalu Ibu, dan adikku sendiri. Aku bersyukur masih memiliki mereka semua sampai saat ini.

Dan selain keluargaku, aku juga mengenal anime. Hehehe. Beberapa anime itulah yang sanggup membuatku tertawa terbahak-bahak. Dan beberapa anime juga membuatku menangis tersedu-sedan. Menakjubkan sekali, hanya karena suatu anime, bisa membuatku tertawa, dan sedih. Dan kupikir, aku beruntung karena sudah mengenal anime, hidupku diisi lagi oleh tawa. Syukurlah, aku berterima kasih kepada siapapun (yang aku lupa lagi) yang telah mengenalkanku kepada anime.

Dan seperti itulah hari itu berjalan.

Lalu, seperti yang aku tulis tadi, bahwa aku menjalani sesuatu yang kupikir itu menyenangkan, namun ternyata itu buruk dan tidak menyenangkan. Bisa dibilang itu merugikanku, dan aku bodoh karena aku menjalaninya dengan senang hati, dan semangat.

Dan sekarang aku menyesal karena aku begitu bodoh untuk menghabiskan waktu Ramadhan yang berharga dengan melakukan hal itu. Aku benar-benar menyesal. Tapi, apa yang bisa aku lakukan? Semua itu sudah berlalu. Tidak bisa diulang. Menyesalpun tidak akan mengubah apapun.

Tapi tetap saja aku merasa menyesal. []

Advertisements

#HariKeempat dan #HariKelima UTS Genap.

Hari Keempat : FISIKA

oh GOD, WHY? kenapa aku selalu memandang sebelah mata kepada kemampuan yang aku punya dalam diriku?
mungkin sebenarnya jika aku ingin berusaha sedikit lebih keras lagi, aku bisa mendapatkan nilai yang aman, maksudku tidak kena remedial mungkin..

oh ya, pada saat bimbel juga, aku tertidur -___-
entah apa yang ada dalam pikiranku saat itu. aku sangat heran -__-

soalnya ada 12 kalau tidak salah, dan aku hanya mengisi 9 soal.
aku harus rela membesarkan hatiku sendiri, bahwa aku akan mendapatkan nilai yang SETARA dengan usaha yang aku lakukan. maka dari itu, kalau misalnya aku mendapatkan nilai dibawah 8, aku tidak boleh kaget.

kenapa aku ini mudah sekali putus asa ya?
kenapa aku tidak berusaha sedikit lagi saja?

tapi buat apa disesali? tidak ada guna.
tapi tetap saja rasa sesak itu ada.

apakah ada kesempatan lain untukku nanti? -____- ya Allah, aku takut.

– – –

hari kelima : BIOLOGI

aku tidak belajar dengan maksimal lagi untuk pelajaran biologi. dan aku sedih. dan aku menyesal.

satu hal yang aku yakini, aku tidak akan mendapatkan nilai 100 lagi kali ini. karena aku tidak menjawab satu soal. karena itu sebabkan oleh ketidakmaksimalan aku dalam belajar.

mungkinkah aku akan mendapatkan nilai 8? atau mungkin 7?

kalau aku berharap ingin mendapatkan nilai 9? apakah itu tidak terlalu berangan angan?

kalau aku mengingat betapa kurang berusahanya aku, aku merasa sedih. apakah aku boleh meminta pertolongan kepada Allah? :'( apakah masih belum terlambat jika aku meminta Allah untuk membantuku? paling tidak, untuk mata pelajaran favorit aku tidak ingin mendapatkan nilai dibawah KKM. aku ingin nilai diatas 9. dan kenapa aku tidak berusaha secara keras untuk mendapatkan nilai itu?

rasanya aku ingin menjambak rambutku dan berteriak sekeras mungkin di gua atau di lereng gunung!!

aku ingin BERTERIAAAK!! aku ingin menampar diriku yang berleha leha. aku benci diriku. :”(

tapi semua kuserahkan kepada Allah. aku tidak tahu sberapa keras aku telah bersusaha dimata Allah, tapi aku harus yakin bahwa Allah Maha Adil..

Ya Allah, beri aku yang terbaik…

– – –

Belum Melakukan Apa Apa

Coba, kalian semua rasakan..

Bagaimana rasanya,
Jika kalian hendak melakukan sesuatu, semua orang disekeliling kalian sudah men-judge kalian, bahwa kalian tak pantas melakukan hal itu?

Bagaimana rasanya, jika kalian ingin sekali pergi ke suatu tempat, tetapi orang disekitar kalian men-judge kalian bahwa kalian tidak akan berhasil dg tempat itu?

Padahal..
Kalian belum melakukan apa apa. Sama sekali.

Bagaimana perasaan kalian?

Sakit? Perih? Terluka? Biasa saja?

Kita belum melakukan apa apa untuk sesuatu yang kita inginkan itu. Orang lain tahu apa tentang kita?
Tapi kenapa pandangan orang lain terkadang sangat berpengaruh terhadap kita? Kenapa? Apakah itu artinya kita hidup dibawah pendapat orang lain?

Padahal, aku sangat ingin membuktikan bahwa aku bisa pergi ketempat itu! Aku ingin melakukan sesuatu yang kusukai, dan membuktikan bahwa aku bisa sukses dg hal itu. Tapi kenapa ucapan mereka begitu melukai semangatku? Mengecilkan hasratku?

Bahkan, sebelum aku memulai sesuatu itu, orang lain sudah memandang sebelah mata.

Harusnya mereka mendukung apapun yang kita lakukan kan? Membesarkan hati kita?
Memberikan semangat untuk kita? Iya kan?

Aku ingin membuktikan kepada mereka..
Aku ingin mereka tidak memandang sebelah mata terhadap apapun yang aku lakukan..
Tapi kenapa tak satupun aku memperoleh dukungan, bahkan dari orang terdekatku?
Apa aku salah dengan apa yang ingin aku lakukan?

Kenapa aku tak menemukan seseorang yang bisa mendukungku?

Saat ini aku membutuhkan semangat dari orang orang yang mendukungku..

Aku terlanjur jatuh,
Aku terlanjur sakit hati..

Bisakah aku membangun kepercayaan diriku lagi setelah ini? Bisakah?

Aku.. Harus.
Karena, aku sudah bertekad ingin seperti batu karang.

Seharusnya, aku tidak memperdulikan ucapan mereka!

Aku harus teguh pada pendirianku, dan melakukan apa yang aku suka!

Ya Allah, tolong beri aku sedikit kekuatan dan ketegaran untuk menghadapi semua ini.. Tolong ya Allah..

Semoga Engkau memberikan aku yang terbaik, dan menunjukan kepadaku jalan menuju itu. Amiien…

– – –

Lets make a decision!

Tempat yang Terang Untuk Cahaya

Kini giliran aku yang harus berjuang sendiri, sebagai konsekuensi atas apa yang sudah aku lakukan.

aku harus menguatkan diri sendiri. apapun yang terjadi. aku harus seperti batu karang, yang tetap kuat walaupun di hempas oleh ombak besar. ya. aku harus seperti batu karang.

dan, bukannya aku sudah bertekad untuk menjadi pribadi yang baru di tahun ini? kenapa aku melupakannya?
aku harus perlahan lahan berubah. aku harus.

bukannya, tahun ini aku hidup dengan tujuan menebus kesalahan? aku sudah terlalu banyak berbuat kesalahan dan dosa. dan aku masih ingin menambah kesalahan? kenapa aku melupakan tujuan hidupku sendiri? kenapa?

terlalu banyak lupa
terlalu banyak malas
terlalu banyak takut..

sudah terlalu banyak perasaan negatif dalam hatiku.
dan sudah saatnya untuk membersihkan hatiku, untuk menjadi aku yang baru.

bisakah aku?

aku tak tahu bila tidak mencoba.
Semoga aku bisa..
sebelum aku terjatuh terlalu dalam kedalam jurang kegelapan.
bukannya aku ini ‘cahaya?’
kenapa cahaya berusaha menjerumuskan dirinya sendiri kepada kegelapan?
cahaya harusnya berada di tempat yang terang.
ya. tempat yang terang..
tempat yang terang, aku harus tinggal disana..

semoga Allah menunjukkan jalan kepadaku untuk menemukan tempat terang itu..
amien..

ingatlah, satu tujuan hidupmu nuii..
bahwa kamu hidup untuk menebus kesalahan..
sudah terlalu banyak kesalahan yang sudah kamu buat selama 16 tahun hidupmu.
hiduplah dg baik nuii..

Harapan Untuk Tahun 2013

seseorang memintaku untuk menuliskan harapan harapanku untuk tahun depan..

sebenernya aku ngga mau minta banyak. aku hanya berharap sedikit saja..

baiklah, seperti apa yang diinginkan oleh sahabatku; Rina Ayu Nurrohmah, aku akan.menuliskan harapan untuk tahun 2013 nanti :)

– masih dikasih kesempatam hidup oleh Tuhan. Aku masih pengen hidup. Banyak yang belum aku capai dalam hidup aku.
– masih ditemani oleh keluargaku. semoga mereka masih ada sampai akhir hayatku amin
– lulus UN
– menjadi mahasiswi Universitas Indonesia atau Institut Teknologi Bandung.
– masuk fakultas dan jurusan yang di inginkan.
– bahagia
– lebih bisa bersyukur
– jadi pribadi yang lebih baik daripada sekarang
– tahun 2013 menjadi tahun yang lebih baik dari tahun 2012
– menerbitkan satu buah buku

hanya 10 ?
ya. itu saja sudah cukup untukku.
Tuhan lebih tahu apa harapanku, jadi.. yah begitulah.
aku harap, semua itu bisa terwujud di tahun 2013.
aku harap Tuhan bisa mengabulkan apa yang aku harapan ini.

2013 masih menjadi misteri.

tapi aku boleh kan, berharap optimis bahwa 2013 akan terjadi banyak hal yang baik kepada hidupku?

semoga saja. Amien.

LAPORAN HARIAN : Kegiatan yang Aku Lakukan selama Liburan.

Selamat pagi, semoga hari ini keadaannya penuh dengan hal hal baik dan menyenangkan. :)

Karena aku tak tahu harus menulis apa, *ternyata aku sedang tumpul inspirasi*, jadi aku hanya ingin melaporkan kegiatan kegiatan ku untuk mengisi liburan panjang ini. :)

Ya, ini adalah hari Senin pagi yang cerah, sinar mataharinya begitu hangat. :) *tunggu sampai siang datang menjelang, mungkin kita akan mengeluh karena sinar mataharinya berubah menjadi sangat panas*, dan yang aku dengar, teman temanku yang lain sudah mulai bersekolah hari ini.Seminggu lebih awal di bandingkan tanggal ku masuk sekolah.

Rutinitasku untuk menjalani liburan, tergolong sama dan sama sepanjang hari. Tidak ada yang berubah, tapi aku cenderung menikmatinya. :) Jujur, aku ini orang yang males untuk berpergian ke luar rumah, apalagi yang jauh jauh, dengan cuaca yang panas. Haaah, hanya akan menguras emosi saja. hehe.
Jadi, liburan kali ini aku tidak pergi ke mana mana, hanya menghabiskan waktu dengan berada di rumah saja :)

Lha?! Memangnya ngga bosan yah, menghabiskan waktu di rumah?

Itu tergantung bagaimana cara menyiasati waktu yang kita punya. ;)

Sini sini, merapaaaaaat :D

Aku menghabiskan waktu dengan banyak menonton kaset k-drama di rumah. ehehehe.
Dari pagi, hingga sore aku stay di depan tv buat mantengin kaset drama korea yang aku punya.
Liburan ini, aku menghabiskan beberapa judul drama korea untuk aku tonton, di antaranya : My Princess, The Moon That Embraces The Sun, City Hunter.

AAAAAAAA~ *teriak paake toa*
Aku suka banget sama drama korea “The Moon That Embraces The Sun”. Aku ngga bisa jelasin apa yang bikin aku suka sama drama itu, tapi jujur drama itu keren bangeeet! Kalian kalau udah nonton, pasti langsung suka! Aku suka banget sama chemistry yang bener bener terjalin dengan baik antara Kim Soo Hyun dengan Han Ga In di drama ini.
Drama ini berhasil membuat aku tertawa sendiri, lalu menangis sesegukkan, terharu, dan banyak deh!
Aku kasih 4 jempol buat drama ini! *berhubung aku hanya memiliki 4 jempol bukan? hehe*

Beralih ke drama korea “My Princess” yang di perankan oleh Aktris Kim Tae Hee dan Aktor Song Seung Hoon.

Waaah, aku berhasil dibikin ketawa ngakak gara gara drama korea yang satu ini. Lucu deh ngeliat kelakukan Kim Tae Hee. XD
Pokoknya, jenis drama ini ringan buat di ikutin, ngga sampai bikin alis jadi berkerut. Hehehe.
Harus wajib di tonton! coba deh! :)
Aku juga kasih 4 jempol buat drama ini. :)

Dari tadi bahas drama korea terus yah? Maaaf.. Hehehe.

Selanjutnya, selain menonton drama korea, pada liburan kali ini aku sibuk dengan menulis.
Yapp! Menulis. Untuk menghabiskan waktu liburan, yah aku mengisinya dengan kegiatan menulis.
Dan aku menulis cerpen untuk diriku sendiri. Untuk aku nikmati sendiri.
Aku berhasil membuat delapan judul cerpen di liburan kali ini! Yeaaaay, ayo kita rayakan! XD

Mungkin karena sudah menjadi rutinitas, aku akan mencoba kedepannya untuk terus menghasilkan judul judul cerpen lainnya. Bukan hanya saat liburan saja, tapi pada saat aku sudah bersekolah nanti :) Aku akan terus berusaha menulis banyak judul cerpen. Pokoknya, aku harus menulis, dan banyak menghasilkan banyak karya untuk… aku nikmati sendiri. Hahahaha. Ngga sih, aku juga ingin karya ku di nikmati oleh banyak orang, tapi aku tak tahu bagaimana caranya, dan harus memulai dari mana. Sampai saat ini, karya karya cerpen ku hanya bisa di nikmati oleh keluargaku, dan mungkin juga beberapa sahabatku, juga guru guruku di sekolah.
Apa kalian juga tertarik untuk membaca cerpenku? :)

Dan selanjutnya lagi… Kegiatan yang aku lakukan untuk mengisi waktu liburanku, adalaaah.. MEMBACA BUKU! Ayeeeyy :DD

Yapp, membaca buku sangat sangat efektif untuk menghabiskan waktu. Soalnya, kalau sudah baca buku, tau tau waktu udah berlalu dengan sangat cepat. Biasanya efektif, kalau buku yang kita baca adalah buku favorit kita, yang bikin kita ketagihan untuk terus baca dan terus baca.

Nah, lain halnya kalau kita membaca buku yang ngga kita suka, misalnya buku pelajaran? wkwkwk
Hahahaha, mungkin waktu akan berlangsung sangaaaaaaaat lama, hampir rasanya seabad kali ya?

Nah, pada liburan, aku banyak membaca buku tentang motivasi diri, dan pengembangan karakter diri. Aku juga menyempatkan membaca beberapa buah novel. Aku suka banget membaca novel terjemahan, dan beberapa novel buatan penulis lokal. :) Oh ya, aku juga melahap komik! wkwkwk. Aku mengoleksi banyak sekali komik jepang di rumah, semuanya aku simpan dengan apik di rak buku pribadi dalam kamarku.

Ini ada sebuah buku yang ingin aku rekomendasikan untuk kalian, saat kalian masih berlibur, ataupun kalian sudah bersekolah. Kalian juga bisa merekomendasikannya kepada ayah dan ibu kalian juga, buku ini untuk semua umur! Buku ini sangat bagus, dan sangat sangat sangat di rekomendasikan oleh saya. ^^

Judul bukunya : Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya.
Penulis : Ajahn Brahm
Penerbit : Awareness Publication

Setelah membaca buku itu, aku yakin kalian bisa mendapatkan ‘sesuatu’ yang bermanfaat. Aku berani jamin!

Aku hampir selesai membaca buku itu, dan aku senang sekali  bisa memiliki buku itu. Liburanku terasa lebih bermakna setelah membaca buku “si cacing” itu. bagaimana yah? suatu kehormatan bisa membaca buku itu dalam hidupku, satu buku yang benar benar keren sekali!

– – –

Yah, itulah kegiatan yang aku lakukan rutin tiap harinya dalam liburanku.
Aku pikir, aku belum bisa memanfaatkan waktu waktuku, sehingga kadang dalam beberapa waktu, aku cenderung menyianyiakannya. Tetapi, aku berusaha! Berusaha untuk terus menjadi baik dan terus baik kedepannya.

Liburan ini pasti akan berlalu, jadi aku akan menjalaninya dengan santai apa adanya dengan sepenuh hati, ngga mencoba terlalu berlebihan dalam menjalani liburan.

Jadi, nanti saat masuk sekolah, aku akan kembali bersekolah dengan penuh semangat!
Tidak akan mengeluh lagi. :)

Sip! Itulah Kegiatan Kegiatan yang bisa aku lakukan selama Liburan Sekolah berlangsung :)