Kaleidoskop 2016 : Perjalanan Cahaya

Pada suatu hari yang biasa-biasa saja di tahun 2017 yang baru berjalan beberapa hari ini, tiba-tiba saja aku merasakan suatu perasaan untuk melihat masa lalu. Bukan untuk menyesali apa yang sudah berlalu, melainkan… untuk melihat apa yang sudah aku lakukan. Orang banyak berkata, jangan menengok masa lalu; yang berlalu biarlah berlalu. Biarkan apa yang ada dibelakang, tetap dibelakang. Tapi… masa lalu itu ada untuk menjadi sebuah pelajaran bukan? Aku tidak mau mengumbar kata-kata manis tentang masa lalu (tahu apa aku soal masa lalu?) Tapi… sungguh aku ingin melihat kembali ke belakang…

Di awal tahun 2016, pada bulan Januari, untuk pertama kali dalam hidupku… aku pergi jauh dari rumah selama satu bulan lamanya. Itu benar-benar pertama kalinya dalam hidupku aku pergi jauh dari rumah dan kedua orang tuaku. Aku pergi ke Majalengka, tepatnya desa Pinangraja. Aku tidak akan pernah melupakan satu bulan itu selama hidupku berlangsung. Itu adalah salah satu momen terindah yang pernah aku alami. Aku merasa sangat bahagia; sangat bahagia bisa bertemu dengan anak-anak desa Pinangraja. Dan waktu benar-benar berlalu, karena sudah tahun ternyata sejak aku pergi ke Majalengka.

Januari 2016 :

  1. Senam bareng Ibu-Ibu PKK | Jurnal KKN Nur Rachminawati

  2. Acara Shalawatan Terkeren yang Pernah Aku Lihat | Jurnal KKN Nur Rachminawati

  3. Nostalgia PRAMUKA bersama SD Pinangraja | Jurnal KKN Nur Rachminawati

Di bulan Februari, aku membaca salah satu buku yang akan mengubah sedikit cara pandangku terhadap suatu hal. Buku yang turut berperan besar dalam hidupku di tahun 2016. Aku tidak melebih-lebihkannya. Buku itu memang menakjubkan. Dan yang paling menakjubkan adalah bahwa aku membacanya “di saat yang tepat”. Buku itu ditulis oleh Jojo Moyes, dan judulnya adalah “Me Before You”. Entah kenapa, buku itu mengusik zona sangat personal dalam diriku. Rasanya duniaku terguncang saat membaca buku itu. Entah kenapa aku… aku begitu terusik.

Aku berkesempatan untuk pergi ke kampung halaman Bapakku pada tahun ini bersama keluarga kakaknya Bapakku di bulan Maret. Aku pergi ke Jampang Kulon. Dan aku juga pergi ke pantai Ujung Genteng seperti biasanya. Hanya saja, adikku tidak ikut pergi kali ini. Kalau tidak salah, alasannya karena ia ingin mempersiapkan UN. Tahun ini adikku ternyata sudah kelas 12 SMA :”) Sebentar lagi dia akan menjadi seorang mahasiswa. Dia akan segera tahu rasanya jadi mahasiswa tidak seenak kelihatannya :”)

Tibalah di bulan April.

Bulan April tahun 2016, aku resmi menginjak usia 20 tahun. Entah kenapa, usia 20 ini begitu sakral dan berbeda untukku. Aku merasa… khawatir. Mungkin kalian bisa membaca beberapa postingan yang aku buat di bulan April, dan kalian akan mengetahui apa yang aku maksud dengan “berbeda” itu.

April 2016 :

  1. Tiga Tahun yang Lalu di Bulan April

  2. Pada Usia 20 Tahun, Aku Ingin Menjadi…

  3. Hadiah Ulang Tahun Terbaik Untuk Seorang Perempuan

Apakah wajar untuk merasakan perasaan seperti itu? Butuh waktu lama untuk menemukan jawabannya. Tapi akhirnya aku menemukan juga :’) Aku… merasa bersyukur atas perasaan itu. Sangat bersyukur.

Bulan April juga menjadi bulan yang… sangat gelap dalam periode hidupku. Itu adalah beberapa peristiwa yang sangat personal untukku, rasanya aku tidak ingin menuliskannya di sini. Tapi percayalah, aku bahkan tidak menyangka bahwa aku akan tenggelam sedalam itu di bulan April; pada bulan kelahiranku sendiri. Tapi bagaimana pun juga, ketika aku mengingat kembali apa yang terjadi di bulan April, entah kenapa diriku yang saat ini tengah menulis ini, diriku yang duduk di kursi pada tahun 2017 ini merasa bersyukur. Aku menerimanya. Aku menerima peristiwa itu sebagai bagian dari diriku yang tidak bisa aku hilangkan dan aku lupakan.

Aku juga tidak akan melupakan bahwa di bulan April juga, aku akhirnya menonton Hunter X Hunter bagian Chimera Ant. Itu salah satu… momen terhebat yang pernah kurasakan. Menonton Arc itu terasa begitu emosional bagiku. Aku bahkan menangis saat menonton endingnya. Aku bahkan belum melupakan dua nama yang begitu berpengaruh dalam hidupku; Meruem dan Komugi. Itu salah satu cerita terbaik yang pernah aku tonton sepanjang hidupku. Aku tidak melebih-lebihkannya. Mangaka Hunter X Hunter adalah seorang genius!

Kurasa kita akan segera sampai pada turning point dalam hidupku ^^ Aku tidak sabar untuk segera menceritakannya kepada kalian.

Pada bulan Mei… secara resmi aku mengatakan bahwa aku mulai memperhatikan salah satu group yang berasal dari Korea Selatan. Namanya BTS ^^ Pada bulan Mei 2016, BTS melangsungkan comeback mereka. Group yang beranggotakan RapMonster, Jin, Suga, Jhope, Taehyung, Jimin, dan Jungkook mengeluarkan special album yang berjudul “The Most Beautiful In Life : Young Forever” dan dua buah MV; FIRE dan SAVE ME.

Aku ingin menceritakan bagaimana grup itu menyelamatkan tahun 2016 milikku; bagaimana mereka mengubah…. hidupku, dengan musik yang mereka buat. Pada kesempatan lain, aku akan menceritakan mereka dengan khusus. Mereka menjadi bagian “The Most Beautiful Moment In Life” milikku. Aku tidak berbohong bahwa mereka betul-betul menakjubkan! Mereka pantas untuk dikagumi dan mendapatkan perhatian dan dukunganku!

Di bulan Mei juga, Allhamdulillah… Adikku diterima SNMPTN (jalur undangan). Aku… kata-kata tidak akan cukup untuk menggambarkan perasaan aku dan kedua orangtuaku mendengar kabar ini. Ia secara resmi menjadi mahasiswa baru perikanan di kampus yang sama dengan kampus yang aku ambil. Kami satu almamater! Aku tidak lupa juga bahwa keluargaku mengadakan syukuran kecil-kecilan dengan membuat nasi kuning yang diberikan kepada para tetangga; untuk berbagi kabar bahagia ini.

Lalu, aku juga bernostalgia di bulan Mei. Dua tahun yang lalu di bulan Mei, adalah salah satu momen menyenangkan lainnya yang terjadi dalam hidupku yang sederhana. Momen yang… penuh warna. Aku menjalaninya dengan teman sekelasku. Kami bersatu dalam sebuah event kelas yang berjudul “CUTE 2014”. Aku tidak akan melupakan malam-malam yang kami lalui di bawah basement mesjid untuk menyiapkan acara itu sampai tengah malam. Aku mengingat momen ini bersama kedua teman sekelasku. Bulan Mei… selalu penuh dengan cerita ya :”)

Juni 2016, aku akhirnya mendapatkan komik Naruto terakhir vol. 71. Meskipun sangat terlambat, tapi aku merasa… emosional. Koleksi Narutoku akhirnya berakhir juga. Aku tidak akan menanti-nantikan lagi komik Naruto hadir di toko buku lokal. Naruto… secara resmi telah berakhir.

Juli 2016, aku berkesempatan untuk magang. Magang ini merupakan salah satu mata kuliah yang harus aku ambil. Aku secara resmi memulai kegiatan magang di bulan ini. Ada banyak cerita yang aku alami selama aku magang. Sedikit demi sedikit, aku menuangkan cerita itu melalui foto-foto yang aku upload di Instagram. Sekali lagi, ini merupakan salah satu momen paling indah yang pernah aku alami dalam hidup, dan aku sama sekali tidak akan melupakannya karena… karena aku bertemu dengan banyak orang yang menakjubkan dalam hidupku. Sekali lagi… aku bersyukur karena ini terjadi dalam hidupku. Rasanya baru terjadi kemarin, tapi ternyata… tahun sudah berlalu :’)

Ah… tidak lupa juga, di bulan Juli ini aku berkesempatan untuk pergi lagi ke kampung halaman Bapak. Kali ini tidak bersama keluarga Kakaknya Bapakku. Hanya keluarga kecilku. Adikku kali ini datang. Pantai selalu membawa perasaan baik dalam hidupku. Melihat pantai selalu membuatku terpana atas keindahan Tuhan. Aku bersyukur… aku bersyukur karena aku masih bisa melihat pantai Ujung Genteng bersama Ayah dan Ibuku. Terima kasih Tuhan… Terima kasih…

Agustus 2016, aku menemukan kembali hasrat kesukaanku terhadap film India. Aku menonton kembali film Kabhi Kushi Kabhi Gham dan Mujshe Dosti Karoge (hahahahaha) setelah belasan tahun tidak pernah aku tonton. Ini semua karena aku bertemu dengan seseorang di tempat magang yang sangat suka film India. Mau tidak mau, aku jadi terseret kembali dan menemukan masa kecilku dalam film-film India. Aku jadi fangirlingan lagu-lagu India hehehehe.

September 2016, pertama kalinya aku mendengarkan lagu Payung Teduh. Kenapa aku perlu sekali memasukkan ini ke dalam kaleidoskop tahun 2016 milikku? Karena aku sangat suka sekali lagu Payung Teduh yang berjudul Menuju Senja; itu lagu pertama dari Payung Teduh yang aku dengarkan. Tak butuh dua kali untuk mendengar lagu itu, hanya beberapa menit saja, dan aku langsung menjadikan lagu itu sebagai lagu favoritku. Lagu yang sering aku dengarkan pada bulan September. Lalu aku juga mendengarkan lagu Angin Pujaan Hujan; aku juga suka sekali lagu itu… Aku menyesal kenapa aku tidak mengenal Payung Teduh lebih awal…

Tibalah pada bulan paling indah dan memorable sepanjang tahun 2016, yaitu Oktober!

Oktober 2016, adalah bulan di mana aku menyatakan diriku sendiri sebagai seorang ARMY. ARMY adalah sebutan fans untuk BTS. BTS juga melangsungkan comeback mereka yang PALING KEREN yang pernah aku lihat (aku menahan napas saat melihatnya) dan aku mendukung mereka sejak awal comeback sampai hari ini. Aku mensupport mereka dengan apa yang bisa aku lakukan sebagai International ARMY :’) Aku mendengarkan lagu mereka lewat Spotify, aku menstreaming MV mereka setiap harinya. Aku sama sekali tidak menyesali hal itu. Aku bahkan menganggap saat-saat itu merupakan salah satu “The Most Beautiful Moment in Life” milikku. Aku bahagia dapat mendukung mereka. Aku bangga menjadi salah satu keluarga ARMY ^^

(masih tahan napas; bahkan setelah ratusan kali menonton MV itu, aku merasa MV ini terlalu keren buatku)

Ah di bulan Oktober juga, aku menemukan sebuah musik yang tidak kusangka aku akan menyukainya. Benar-benar murni sebuah kebetulan! Berawal dari sebuah video di Youtube, dan aku menemukan sebuah musik yang menurutku keren banget dari rekomendasi Youtube. Aku menemukan sebuah channel yang bernama “TheFatRat” dan dia membuat musik yang kereeeeen sekali menurutku! Musiknya badass sekali. Dan ada juga yang bersuasana “Sword Art Online” (aku tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk menggambarkannya)

Bulan November. Bulan November adalah bulan yang sungguh sangat berarti bagi orang-orang yang sangat berarti untukku. Maka dari itu, aku juga akan menganggap bulan November ini sebagai sebuah bulan yang sungguh sangat bermakna bagiku. Kebahagiaan mereka merupakan kebahagiaan aku juga. Mereka bahagia, aku juga merasa bahagia.

Bulan ini adalah bulan yang sangat berarti bagi BTS, karena di bulan ini BTS mendapatkan grand awards pertama mereka di acara Melon Music Awards. Mereka mendapatkan penghargaan “ALBUM OF THE YEAR” untuk album mereka yang berjudul Young Forever. Aku tidak bermaksud melebih-lebihkan, tapi pada kenyataannya aku menangis saat menyaksikan mereka mendapatkan penghargaan itu. Mereka akhirnya mendapatkannya! Setelah tiga tahun berjuang dari bawah, akhirnya mereka sampai juga pada tingkat ini; tingkat untuk menerima grand awards. Walaupun baru tahun ini aku mendukung mereka, tapi rasanya sudah begitu lama aku mengenal mereka :’)

Ada beberapa kejadian penting dalam hidupku yang terjadi di bulan November juga. Bukan hanya BTS, tapi hidupku juga. Hidupku juga ternyata menyimpan segudang cerita lainnya yang menunggu untuk diceritakan. Di bulan November ini, aku AKHIRNYA MENDAPATKAN SK DOSEN PEMBIMBINGKU! Yang mana, itu artinya aku bisa mulai melakukan bimbingan untuk skripsi yang akan aku lakukan. Aku merasa… tidak percaya. Aku juga akhirnya tiba pada momen ini; momen di mana akhirnya aku menatap garis finish di depan mata.

Aku bahagia melewati bulan November bersama BTS. Aku sungguh bahagia.

AH! HAMPIR SAJA AKU KELUPAAAN!

Kalian tahu? Di bulan November ini juga, aku mendapatkan hadiah yang tidak aku sangka-sangka kemunculannya… AKU MEMENANGKAN GIVEAWAY ALBUM BTS! Ya Tuhan… Aku… aku sungguh tidak percaya. Aku mendapatkan dua buah album BTS WINGS. Aku mendapatkan versi W dan versi G. Aku tidak bisa lebih bahagia dari ini.

p_20161207_212728
Dikasih merch unofficial juga :3

Sekali lagi, aku mengatakan bahwa aku sungguh sangat bersyukur dapat melalui bulan November yang penuh dengan berkat ini bersama dengan BTS. Aku sangat bahagia!

Dan tibalah kita di penghujung tahun 2016~ Tidak terasa, aku sudah melakukan flashback tahun 2016 dan merangkumnya sedemikian rupa. Apa yang aku tuliskan di sini baru sebagian kecil dari apa yang sudah terjadi dalam hidupku. Aku bahagia bisa melakukan flashback ini; membuatku mensyukuri apa yang sudah terjadi dalam hidupku, baik dan buruknya. Aku hanya tidak menyangka bahwa tahun 2016 yang aku jalani pun, ternyata menyimpan kejutannya tersendiri. Misalnya album BTS ^^

Aku menduga-duga, apa yang akan diberikan oleh tahun 2017 untuk hidupku? Mudah-mudahan, aku diberikan hati yang leluasa untuk menyikapi hal-hal baik dan buruk di tahun 2017. Aku memohon untuk diberikan welas asih, agar aku bisa menerima semuanya dengan ikhlas.

Kejutan tidak henti-hentinya datang; ia datang di bulan Desember juga.

Ada pernikahan sepupu. Album WINGS tiba juga di rumah setelah melalui perjalanan jauh dari Amerika. Sahabatku dari tempatku magang, pergi menengok aku di kampus, dan kami melalui hari dengan sangat menyenangkan! Kami banyak tertawa, bercerita, dan juga banyak mengambil foto grufie hehehehe. Kami juga sempat makan ramen! Ada apa lagi ya? OH YA! Bimbingan pertama dengan dosen pembimbing ku juga terjadi di bulan Desember yang ini ^^

Pada bulan Desember ini juga, aku berkesempatan untuk membeli album BTS pertamaku; album Young Forever.  Aku hanya… aku hanya ingin mempunyai album yang mengingatkan aku bahwa lagu-lagu yang terdapat dalam album itu sudah mengubah hidupku menjadi lebih baik. Aku ingin mempunyai album yang sudah mengubah hidupku ^^ Sebagai penanda. Aku senang sekali album korea pertama yang aku miliki adalah album dari BTS. Jika aku mempunyai uang lebih, aku akan membeli album lainnya BTS. Serius!

Aku juga pergi berenang! Sudah lama tidak berenang :”) Kapan terakhir kalinya aku berenang ya? Aku berenang di Al Masoem bersama Umi, Riska, dan Cindy. Pulangnya kami makan di Richesee (kami sangat kelaparan) dan di sana aku berbagi sedikit mengenai rasa cemas yang aku rasakan berkenaan dengan masa depan. Mungkin mereka tidak akan menganggapnya sebagai “sebuah perasaan terdalam yang datang dari dalam diri Nui” melainkan sebatas obrolan sambil lalu saja. Aku tidak marah jika mereka menganggapnya demikian. Aku hanya merasa… lega. Lega karena pada akhirnya aku mengambil keputusan untuk mengeluarkan sedikit demi sedikit perasaan terdalam milikku yang tidak pernah aku ceritakan kepada siapapun sebelumnya.


Dan sampai di sini saja Kaleidoskop 2016 milikku! :”)

Yang dapat aku katakan sebagai kalimat penutup tulisan ini adalah : itu benar bahwa dalam hidup ini, tidak ada yang benar-benar hitam, dan tidak ada yang benar-benar putih. Keduanya senantiasa hadir. Saling menyeimbangkan satu sama lain.

Tahun 2016 adalah tahun yang sangat melelahkan untuk jiwaku. Juga tahun yang tidak akan pernah aku lupakan karena pada tahun inilah aku bertemu dan mengenal BTS. Bahkan, aku mendapatkan album mereka secara gratis :’) Aku berharap aku bisa terus mensupport mereka sampai kapan pun :”)

Hitam dan putih selalu ada. Jangan terlalu berharap pada salah satu; terima dan rangkul mereka dan berterima kasihlah kepada mereka. Hitam dan putih.

Apa yang akan menantiku di tahun 2017 ya? Tentu saja “Hitam & Putih” :) []

One thought on “Kaleidoskop 2016 : Perjalanan Cahaya

Leave a Reply

