Mata Kuliah Semester 4 (Empat) Jurusan Ilmu Perpustakaan

[Ditulis tanggal 31 Oktober 2015] Rasanya sudah lama sekali ya, aku tidak menuliskan daftar mata kuliah per semester seperti dulu. Terakhir kali aku mengupdate-nya adalah tentang daftar mata kuliah yang kuambil di semester 3. Dan coba lihat, sekarang aku sedang menjalani semester 5 :”)

Sebenarnya niatan menulis tentang ini sudah muncul sejak dulu, tapi entah kenapa selalu tidak terlaksana. Mungkin akunya yang selalu mencari-cari alasan. Seharusnya aku bisa menulisnya pada saat liburan semester ganjil kemarin, tapi aku terlalu sibuk dengan hal-hal lain (salah satunya fangirling-an bersama BIGBANG)

Dan tidak terasa semester 4 sudah kulalui… Dengan hasil yang cukup memuaskan. Dan aku cukup senang melihat hasilnya, meskipun tidak sesuai dengan apa yang kuharapkan pada saat aku mengawali semester 4.


Matakuliah Semester Empat Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi

IMG_4067.JPG

1. Penerbitan dan Distribusi Media

2. Ekonomi Informasi

3. Dokumentasi Budaya

4. Sistem Penelusuran Informasi

5. Public Relations in Library

6. Representasi Isi Bahan Pustaka

7. Sosiologi Informasi

8. Statistik Sosial


Apa yang harus kukatakan tentang semester 4 ini ya?

Menyenangkan, sekaligus (sangat) melelahkan.

Tapi, aku tahu aku tidak pantas untuk mengeluhkan hal ini. Karena aku tahu ada seseorang yang kukenal –yang ‘usaha’nya lebih banyak daripada aku. Dan aku pikir, sebaiknya dia lah yang pantas untuk mengeluh (itupun kalau dia mau mengeluh). Usahaku benar-benar tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan usaha yang dilakukannya. Sejujurnya aku merasa takjub dan kagum, tapi di dalam hati terkecilku aku merasa kasihan kepadanya.

Seharusnya aku tidak merasa kasihan kepadanya.

Seharusnya aku mengasihani diriku sendiri. Terlalu banyak kebohongan yang sudah kulakukan hanya untuk membuat diriku nyaman untuk ‘sementara’ di semester 4 ini. Ketidakjujuran yang kulakukan kepada diriku sendiri, yang ujungnya malah menyiksa perasaanku sendiri. Berpikir antara benar dan salah, namun pada akhirnya menjadi hampa dan kosong.

Sepertinya aku mulai ‘sakit’ di semester 4 ini, jika kuingat-ingat lagi semua yang terjadi di semester 4 kemarin.

Ah… Sudahlah. Lupakan saja. Aku punya banyak hal untuk kuceritakan di sini mengenai mata kuliah yang kuambil di semester 4 ini.

Daftar mata kuliah semester 4 yang barusan kutulis itu, sudah kuurutkan berdasarkan tingkat kesukaanku terhadap mata kuliah tersebut; dari yang paling favorit sampai sangat tidak kusukai. Ini bersifat subyektif sekali ya… Hehehehe. Ngomong-ngomong, ketika aku akan menulis tentang daftar mata kuliah semester 4 ini, aku berusaha untuk mengingat-ngingat kembali apa yang kupelajari sembilan bulan yang lalu XD Soalnya, aku sudah tidak ingat persis mata kuliah yang kuambil pada saat itu. Bahkan, lebih parahnya lagi aku bahkan tidak ingat apa-apa saja yang sudah kupelajari di semester 4 di beberapa mata kuliah tertentu. Ironis sekali.

Terutama untuk mata kuliah di point ke-4 sampai ke-8. Wow, sebanyak itukah? Ya. Sebanyak itu. Sebanyak itulah aku tidak ingat apa-apa yang kupelajari, bahkan aku tidak ingat nama mata kuliahnya saat kucoba untuk mengingat-ngingat kembali saat ini.

Untuk mata kuliah “Sistem Penelusuran Informasi” sangat disayangkan sekali, karena setelah dilihat-lihat ulang dan setelah aku mempelajari lagi mata kuliah ini secara otodidak dan tidak sengaja beberapa hari yang lalu, ternyata mata kuliah ini menyenangkan untuk dipelajari dan sangat penting untuk diketahui. Lalu, kenapa di awal aku bilang ‘sangat disayangkan’? Karena semester 4 yang lalu, dosen yang memegang mata kuliah ini di kelasku jarang sekali masuk ke kelas. Benar-benar amat sangat disayangkan. Saking jarang masuk, sekalinya masuk aku tidak mengerti dengan apa yang dia bicarakan. Bahkan setelah semester 4 berakhir, aku masih bertanya-tanya : “Mata kuliah ini belajar apa sih? Intinya tentang apa?” Tapi toh, sekarang aku agak tidak peduli, karena aku bisa mempelajarinya lagi secara otodidak. Dan ternyata aku lebih paham, dan tahu maksud mata kuliah ini dengan belajar sendiri. Hanya saja, mungkin jika dosen yang bersangkutan sering masuk pada waktu itu, mungkin aku akan mendapatkan pengetahuan lebih banyak dengan mendengarkan pelajaran darinya.

Hal yang sama berlaku juga untuk mata kuliah “Representasi Isi Bahan Pustaka” dan “Sosiologi Informasi.” Hampir setengah semester, dosennya jarang masuk ke kelas. Mungkin mereka sibuk penelitian, entahlah aku lupa. Tapi, setengah semester lainnya full diisi baik oleh dosen utama (yang lainnya) atau dosen pendamping. Untuk Sosiologi Informasi sendiri, aku bahkan tidak tahu apa yang kupelajari dari mata kuliah tersebut. Hhhh… Masih lebih baik dibandingkan “Representasi Isi Bahan Pustaka” karena aku mengingat garis besarnya : Thesaurus, Indeks, Abstrak. Nice.

Sebenarnya aku ingin menceritakan satu hal lagi tentang mata kuliah “Public Relation in Library” tapi… Aku ingin menceritakannya di postingan yang berbeda. Rasanya aku ingin menceritakan banyak hal tentang mata kuliah yang satu ini :D Walaupun aku menaruhnya di point kelima (yang artinya mata kuliah ini agak begitu sulit –dan melelahkan) tapi mata kuliah ini juga berhasil menjadi HIGHLIGHT di semester 4 kemarin; mata kuliah yang sangat berkesan sekali untukku. Makanya aku ingin menuliskannya secara spesial nanti ^^ Tunggu saja postingan dariku, oke? Oke.

Terakhir… Statistika Sosial… Aku bahkan tidak tahu harus berkata apa tentang mata kuliah yang satu ini. Dan sepertinya, aku sedang tidak ingin membicarakannya. (Maafkan aku, LOL)

Setelah kupikir-pikir lagi, sepertinya aku juga akan membuat postingan khusus tentang mata kuliah “Penerbitan dan Distribusi Media” dan “Dokumentasi Budaya”, karena kedua mata kuliah itu menempati tempat spesial di hatiku pada semester 4 yang lalu <3 <3 Kedua mata kuliah itu sangat menyenangkan! Ada banyak hal baru yang kuketahui, dan menyenangkan untuk mempelajari kedua mata kuliah tersebut. Pantas saja jika aku menaruhnya di point pertama dan kedua :D

Yup. Sekian saja postingan kali ini, soalnya sudah jam 3 subuh pula XD (Sorry. Begadang. Hehehe) Kedepannya aku ingin menulis lebih banyak lagi di sini. Aku ingin terus menulis dan menulis sampai aku mati. Serius. Itulah tujuan hidupku. Dan aku ingin menginspirasi banyak orang lewat tulisanku. ^^

Salam hangat,
@uruuchan

 p.s : aku tidak akan kalah dengan diriku sendiri.


Notes :

Mata Kuliah Semester 1 (Satu) Jurusan Ilmu Perpustakaan > klik di sini

Mata Kuliah Semester 2 (Dua) Jurusan Ilmu Perpustakaan > klik di sini

Mata Kuliah Semester 3 (Tiga) Jurusan Ilmu Perpustakaan > klik di sini

Leave a Reply

