Hadiah Ulang Tahun Terbaik Untuk Seorang Perempuan

Hadiah apa yang paling tepat untuk diberikan kepada seorang gadis yang baru saja menginjak usia 20 tahun dalam hidupnya? Cokelat mahal? Rangkaian bunga? Sepasang sepatu cantik? Tas mahal? Gadget baru? Make-Up bermerk? Baju berkilauan? Atau sebuah kalung yang berwarna putih berinisial nama gadis itu?

nuii4u-birthdaygift
Source : Toxicbbys@weheartit

Pada saat-saat tertentu, aku kerap kali memikirkan apa yang aku inginkan untuk ulang tahunku yang ke-20. Apa yang aku harapkan dari kedua orangtuaku?

Tiga tahun yang lalu, pada hari ulang tahunku, kedua orangtuaku memberikan aku sebuah kue ulang tahun yang cantik. Walaupun tidak besar, tapi tetap saja itu adalah sebuah kue ulang tahun seorang ‘aku’ yang berusia tujuh belas tahun; ada cakenya, krimnya, cherrynya, dan lilin ulang tahun di atasnya. Aku senang sekali waktu itu, karena aku masih mendapatkan kue ulang tahun dari kedua orang tuaku.

Apakah yang kuinginkan pada ulangtahun ku yang ke-20 adalah sebuah kue juga? Apakah kue ulang tahun dengan cherry di atasnya adalah hal yang paling aku inginkan? Sungguh?

Berulang kali, aku berusaha menanyakan hal itu kepada diriku sendiri. Tentang “apa yang paling aku inginkan” di usia ke-20 ku.

Dan sekarang, aku sudah tahu jawabannya.

.

.

.

.

.

Hari ini aku merasa lelah sekali. Sangat lelah. Rasanya ingin menangis. Aku tidak akan menyebutkan alasannya apa. Aku berusaha untuk tidak menunjukkan raut wajah lelah kepada kedua orangtuaku, tapi aku tidak bisa. Aku merasa lelah sekali.

Jadi, ketika aku pulang ke rumah pada sore hari, dan mendapati Ayahku tengah duduk di ruang TV, dan mengatakan, “Akhirnya teteh sudah pulang juga,” aku merasa ingin menumpahkan segalanya kepada Ayahku saat itu juga. Aku tidak mau berpura-pura.

Aku ingin mengeluh kepada Ayahku.

Aku berkata bahwa hari ini aku lelah sekali… Rasanya beberapa hal tidak berjalan diluar kehendakku, dan aku merasa lelah. Aku mengatakan hal itu sambil menyalimi tangan Ayahku, dan tanpa aku sadari aku segera memeluk Ayahku. Aku memeluk Ayahku sambil berkata bahwa rasanya lelah sekali hari ini. Aku memeluk Ayahku cukup lama…

Dan, Ayah balas memelukku.

Ayah berkata, “Huss… Ga boleh ngomong gitu, Teh… Ngomongnya harus Allhamdulillah…”

Dan entah kenapa, rasa lelahku berkurang saat itu juga. Entah kenapa, rasanya “beban” itu seperti diangkat separuhnya oleh kata-kata yang diucapkan oleh Ayah.

Padahal…

Padahal…

Itu cuma kata-kata…

Dan sebuah pelukan…

Menyadari hal ini, aku segera mengetahui apa yang paling aku inginkan dalam hidupku. Jawaban atas pertanyaan yang terus menerus ada dalam pikiranku. Dan sekarang, aku tahu apa paling yang aku inginkan sebagai kado di hari ulang tahun ku yang ke-20.

.

.

.

.

.

Aku ingin agar selalu bisa memeluk Ayah dan Ibuku sampai aku meninggal dunia nanti. Aku ingin mendapatkan pelukan dari Ayah dan Ibuku sampai tiba saatnya aku meninggalkan dunia ini.

Aku sadar, sebuah pelukan bisa menyembuhkan hati yang sedang gundah gulana.

Sebuah pelukan bisa menguatkan jiwa seseorang.

Sebuah pelukan bisa memberikan keberanian kepada seseorang lebih dari yang dibutuhkan.

Ketika aku sedang merasa “jatuh”, aku berharap bisa menemukan seseorang yang bisa menguatkanku di saat aku lupa untuk tetap “bertahan”. Di saat aku sedang merasa “sedih”, aku berharap memiliki seseorang yang bisa menghilangkan rasa sedihku, dan mengatakan bahwa aku akan baik-baik saja, dan aku bisa melewati semua itu.

Dan, seseorang itu adalah Ayah dan Ibuku.

Aku berharap Tuhan hadir disisiku melalui kedua orangtuaku. Aku harap Tuhan melindungi kedua orangtuaku, dan menyehatkan mereka, dan memberikan umur yang panjang kepada kedua orangtuaku sehingga aku masih bisa melihat mereka sampai nanti aku meninggal.

Aku ingin kedua orangtua ku, ada di sampingku dan memberikanku pelukan di saat aku membutuhkannya.

.

.

.

Kado terindahku (dan yang terbaik) di usiaku yang ke-20 ini adalah kehadiran Ayah, Ibu, Adik, dan Nenek di sampingku pada hari ulang tahunku.

Itu… Tak ternilai harganya. Demi apapun.

Dan aku tak mau menukar mereka dengan hadiah apapun.

Kehadiran mereka di sisiku sampai detik ini, sudah sangat cukup untukku. Aku tidak meminta hal yang lainnya. Aku sangat bahagia di usiaku yang ke-20 ini karena masih memiliki mereka dalam hidupku. Aku bersyukur sekali atas “hadiah” dari Tuhan ini…

Cokelat mahal? Rangkaian bunga? Sepasang sepatu cantik? Tas mahal? Gadget baru? Make-Up bermerk? Baju berkilauan? Semua itu tidak ada harganya sama sekali dibandingkan dengan apa yang aku dapatkan di hari ulangtahunku.

Dan aku bahagia.

Sangat bahagia.

.

.

.

.

.

Terima kasih Tuhan… Karena sudah mengizinkan kedua orangtuaku, adikku, dan nenekku untuk tetap berada di sampingku sampai detik ini. Terima kasih…

Maka dari itu Ya Tuhan, bahagiakanlah mereka untukku.

Karena aku belum bisa membuat mereka bahagia, aku harap Engkau yang akan memberikan kebahagiaan, kesejahteraan, ketentraman, kedamaian untuk mereka. Mereka adalah alasan aku untuk tetap bahagia. Mereka adalah alasan kebahagiaan seorang “Nur”

Buatlah mereka bahagia, Ya Tuhan…

Karena mereka sangat layak mendapatkannya; Ayah, Ibu, Adikku, dan Nenekku.

Aku ingin mereka bahagia, karena kehadiran mereka adalah kebahagiaan untukku. Kebahagiaan seorang gadis yang berusia 20 tahun pada bulan April tahun 2016 ini.

Mereka adalah hadiah terbaik yang Engkau kirimkan padaku di usiaku yang ke-20 ini.

nuii4u-father and daughter
Source : bonjourmay@weheartit

Ya Tuhan……. Terima kasih…

Aku bahagia.

Sangat bahagia atas hadiah ulang tahun yang Kau berikan padaku tahun ini.

– Nur Rachminawati, 20 tahun (2016)

2 thoughts on “Hadiah Ulang Tahun Terbaik Untuk Seorang Perempuan

  1. Huaaa bacanya bkin pengen dpt pelukaan deh :”) pelukan hangat dari keluarga, sahabat dri orang yg bner2 memahami diri kita apa adanya.
    Semoga Allah selalu memberikan kekuatan juga kebahagiaan dri orang terdekat dan tersayang kita ya aamiin.. 🙏

    1. “Orang yang bener-bener memahami kita apa adanya.” :’)))

      Aamiin ya Allah ya Rabbal alamiin… Makasih sarput udah mau komen di blog-ku :”D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s