Manusia adalah Makhluk yang Indah

Tuhan… Barusan aku menyadari sesuatu. Mungkin jarang terbesit dalam pikiran kebanyakan orang, dan mungkin saja orang-orang tidak pernah terpikirkan hal ini sebelumnya.

Barusan, aku menyadari…

Manusia adalah makhluk yang indah…

Ya. Manusia adalah makhluk yang indah.

Dibalik apa yang terlihat oleh mata dan panca indera; yang terkadang membuat kita langsung menjatuhkan pandangan dan persepsi kita, terdapat sebuah jiwa yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu. Dan menurutku, jiwa yang dimiliki manusia selalu indah.

Tak peduli apa yang dirasakan oleh jiwa itu; kebencian, kekalutan, kecemasan, ketakutan, kesedihan, kebahagiaan, kegembiraan… Jiwa itu selalu indah. Karena manusia adalah makhluk yang merasa. Dengan “merasakan” artinya dia “hidup.”

Dan ada banyak perasaan di dunia ini.

Sebagian sudah diketahui oleh manusia; mereka menuangkan perasaan itu ke dalam kata, dan memaknai kata itu. Dan sebagian lagi… Sulit untuk dijelaskan. Sulit untuk dipahami. Hanya manusia yang bersangkutan yang memahami perasaan itu.

Ada banyak perasaan di dunia ini. Mungkin jumlahnya setara dengan jumlah bintang di alam semesta. Perasaan-perasaan itu… Ada yang kecil… Dan ada yang besar… Ada yang lemah… Dan ada yang kuat. Beberapa mungkin ada yang rapuh. Kubayangkan perasaan memiliki cahaya; dia berpendar.

Menyadari bahwa di dunia ini ada banyak sekali perasaan, entah kenapa membuatku merasa berada di ujung titik kesadaran milikku. Aku merasa takjub, dan merasa terharu. Bahkan, rasanya aku ingin menangis!

Ada banyak sekali manusia di bumi ini, dan karena itulah… Ada banyak perasaan melingkupi dunia ini. Baik atau buruk-nya, itulah perasaan. Karena perasaan tetaplah sebuah perasaan. Dan buatku, itu selalu indah.

Kejahatan atau kebaikan, buatku itulah yang menyebabkan manusia menjadi begitu unik dan berbeda. Dan mereka tetap indah di mataku. Mereka indah, karena kerumitan yang sukar dijelaskan akan perasaan yang ada di dalam diri masing-masing.

Dan… Setiap orang masih berusaha untuk memahami arti dari semua ini []

.

.

.

feeling2
Kepingan perasaan milikmu… | credit : weheartit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s