Senam bareng Ibu-Ibu PKK | Jurnal KKN Nur Rachminawati

Secara keseluruhan, aku mengatakan bahwa hari kedua KKN di desa Pinangraja di Majalengka ini berjalan dengan sangat menyenangkan ^^

Sebenarnya, seriusan. Aku mengetik ini melalui handphone milikku, dengan segala keterbatasan yang ada *sebenernya aku lebih nyaman ngetik di laptop sih* Tapi, yah mau gimana lagi. Hehehehe. Aku pengen nyerita segala sesuatu yang terjadi hari ini :3

Aku bangun subuh *tumben banget* dan jadi orang pertama yang mandi.

Bayangin aja nanti ngantrinya di satu kamar mandi yang dipake oleh 15 orang cewek. Pfftt. Yah begitulah. Sebenernya ya, aku kaget sendiri sih, kok bisa ya seorang nunuii ini bangun nyubuh dan mandi nyubuh pula. Well, aku bakalan menganggap ini sebagai suatu kemajuan yang baik ^^ Dan aku seneng, karena bisa mandi nyubuh hari.

Dan agenda pertama yang dilakukan di hari kedua ini adalaaaaaaaaaaah…. Senam. Wkwkwkwk. Senam jantung sehat bersama Ibu-Ibu PKK di desa Pinangraja. Oke, aku akan mengakui suatu hal. Rasanya, seingatku dalam seumur hidup aku tidak pernah ikut senam bareng Ibu-Ibu huhuhu. Dan ini pertama kalinya aku ikut senam bareng Ibu-Ibu!!!! XD Seneng aslinya, wkwkwkwk. Karena…. Yah. Susah dijelaskan :’) Aku merasa terharu sih, bisa ikutan senam bareng mereka, dan bahagia juga ^^ Jenis bahagia yang sulit dijelaskan oleh kata-kata. Terima kasih Tuhan, untuk kebahagiaan dan wajah-wajah penuh senyum dari Ibu-Ibu itu :’)

Btw, senam Jantung Sehat ini dilakukan selama seminggu sekali jam 7 pagi di kantor desa Pinangraja. Kebanyakan yang ikut adalah Ibu-Ibu yang sudah lanjut usia *tapi tetep seneng ngikutin senam* OHYAAAAAAAA!!! Ku baru inget. Salah satu senam yang digunakan Ibu-Ibu instruktur senam jantung sehat ini, adalah SENAM JUMAT BERSIH. XD HAHAHA. Aku jadi tertawa sendiri aja nih. Soalnya senam itu jadi mengingatkan aku pada masa-masa SMA. Dulu itu, mata pelajaran olahraga yang ada di sekolahku di tes gerakan senam jumat bersih :’) Aku BISA APAL dooooong. Hebat lah. Tapi karena jarang dipake lagi (bilang aja jarang olahraga kenapa siiiih ckckckck -_-) jadi lupa aja. Aku cuma ingat samar-samar. Mudah-mudahan, selama aku ada di desa Pinangraja ini, aku bisa mengingat kembali gerakan senam Jumat Bersih itu ^^ Acara senam Jantung sehat ini ditutup dengan foto bersama Ibu-Ibu ^^ *senaaaaaang*

Next, beberapa temen memutuskan untuk pulang ke rumah. Sementara aku dan temen-temen lain memutuskan pengen jalan-jalan disekitar duluuuuuu~ ^^ Kita memutuskan pengen melihat sejauh apa jarak yang ditempuh menuju Indomaret dan ATM terdekat (ya. Dua hal yang menentukan kesejahteraan hidup ku itu berdampingan sekali lokasinya wkwkwkwkwk) Dan, kalian tahu hasilnya gimana? XD BHAHAHAHAHAHA.

Kami segera menyesali keputusan kami. Ternyata jaraknya jauuuuuuuuuuh juga. Mana kami jalan kaki dibawah sinar matahari Jatiwangi yang kalian-tahu-lah-kayak-gimana LOL. Ngesang!! Eungap!! Hahahahahaha. Tapi, sejujurnya aku tidak terlalu merasa capek untuk menempuh Indomaret yang letaknya di desa tetangga (Sukaraja Kulon) pulang-pergi dengan berjalan kaki. Kenapa ya? Mungkin karena aku bersama temen-temen, jadi ngga terlalu merasa capek :’) Lagipula, perjalanannya menyenangkan. Aku melihat (baca : menandai) tempat makan potensial macem tukang baso, tukang mie ayam, empal gentong, tukang es kelapa muda, dan lain-lain. Bukan berarti yang kutandai itu makanan doang. Bukaaaaaan. Aku juga menandai konter hp, toserba, sekolah, puskesmas, dll. Pokoknya lumayan capek, tapi seru!! ^^

Saatnya makan siang! ^^ Kerasa banget, udah dipake senam, terus jalan kaki jauh, dan pulang-pulang lapar. Untungnya, makanan sudah disiapkan oleh sang pemilik rumah yang bernama Bu Ani (Terima kasih Bu, seriusan) Dan aku udah lupa menunya apa -_- ckckckck Tapi enak koook. Enak! ^^ Dan kalian harus tau banget, setelah makan (dan jangan lupakan senam juga jalan kaki yang jauh itu) aku langsung tepar tidur -_- Yaampun, ini kurang apa lagi coba ya. Maksudnya, udah makan, terus tidur. Perut langsung buncit aja sekalian LOL. Gapapa, yang penting sehat, Nui. Wkwkwkwkwk. Tidur siangku lumayan tibra (nyenyak). Aku seneng deh ^^ Pokoknya, bangun-bangun jam 1 siang, terus shalat dzuhur deh.

Hal selanjutnya yang dilakukan adalah…………… Pergi berkeliling desa!! ^^ Kali ini, semuanya (kecuali dua orang, karena mereka menjaga rumah kami) ikut berkeliling dan menyapa warga sekitar. Seneng sih jalan rame-rame, aku suka. Seriusan. Aku melihat sekolah dasar, posyandu, warung-warung (lumayan banyak juga ya, serius. Seharusnya aku ga usah takut ga bisa nemu sabun, deterjen, tralala nya itu. Warung bertebaran di mana-mana cui! Wkwkwkwkwk) Dan saat pergi berkeliling desa itu, aku sempat mampir ke salah satu SD, dan aku sangat tertarik dengan perpustakaan yang mereka miliki ^^ Dan aku membayangkan beberapa hal dalam pikiranku berkenaan dengan perpustakaan itu :’) Sayangnya, saat aku pergi ke sana, sekolahnya sudah usai. (Yaiyalah, orang udah sesiang itu) wkwkwkwk. Aku berniat untuk mengunjungi sekolah ini lain waktu ^^ Dan yang satu ini juga sama menyenangkannya! Aku merasa senang!

Ohyaaaa!!! Lucunya, dari kemarin temen-temenku sering banget ngomongin bakso (aku biasa nyebut baso sih wkwkwk). Baso-baso-baso-baso-baso-baso dan baso. Ini beneran pengen baso banget ya XD Hahahahahaha. Jadilah, sepulang keliling desa, beberapa dari kami memutuskan untuk mencari baso XD Aku masih ingat, tadinya kita pengen baso yang sudah kami tandai saat pergi ke Indomaret itu, tapi ternyata setelah menempuh perjalanan yang lumayan capek juga (masalahnya PANAS BANGET CUI. PANAS WKWKWK) dan berharap akan kesegaran es jeruk (ini mah keinginan pribadi ya lol) ternyata warung baso nya tutup.

*mengheningkan cipta, dimulai* wkwkwkwk

Jadilah, saat perjalanan pulang, kami memutuskan untuk makan mie ayam yang kebetulan sedang nangkring di sebrang jalan. Kami menyuruh si mang-mang mie ayam itu untuk datang ke depan kantor desa saja, karena kami semua akan makan di sana XD (kebetulan kantor desanya sudah tutup) dan mie ayamnya…… Enak. Lumayan enak sih, karena buatku mie ayam yang terenak itu ada di dekat rumahku di jalan rancakihiang, dan mie ayam mang een (langganannya Riska) di kencana. Dua mie ayam itu, adalah favoritku. Jadi yang ini, lumayan banget. Serius. Daaaan, hahahahaha. Aku masih belum bisa melupakan wajah-wajah hinyai temen-temen ku yang sedang makan mie ayam LOL. Udah mah nahan panas dari luar, nahan panas dari mie ayamnya juga. Mantap!! XD Tak lupa juga kami mengambil dua foto grufie :3 Pulang-pulang dari mie ayam, aku shalat ashar dulu bareng temen-temen di mesjid.

Dan kemudian tiba di rumah langsung ngampar di depan kipas angin…….. Surga itu… Ternyata bisa ditemukan dalam kipas angin ya, cui :’)

Hmmm…….. Setelah itu, salah satu temenku mengajak untuk solat magrib berjamaah di mesjid ^^ (aku bener-bener berterima kasih atas hal ini kepada temenku yang satu itu, namanya Chinta) Ah…. Pokoknya ini pengalaman yang paling berkesan buatku untuk hari ini. Karena…. Gimana ya. Susah menjelaskannya. Aku jarang sekali solat berjamaah di mesjid (biasanya di rumah berjamaah sama Bapak dan Ibu juga dika) makanya pas melihat suasana mesjid yang ternyata rame oleh Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu (yang sudah sarepuh) untuk melaksanakan solat magrib berjamaah, mau tidak mau aku merasa……… Sendu. Dan terharu. Pemandangan ini, tidak akan pernah aku lupakan :’)

Dan, kalian harus tau. Seusai solat magrib, kami memutuskan untuk ikut tadarusan bareng Ibu-Ibu di sana, sembari menunggu adzan Isya.

Itu pertama kalinya aku mengikuti tadarusan seumur hidupku selama sembilan belas tahun. Sebelumnya tidak pernah :( Aku baru tau kalau tadarusan itu seperti itu prosesnya. Aku…. aku…….. Rasanya aku ingin menangis :'( Sungguh pengalaman yang, tak terlupakan buatku. Suasana syahdu, dan saling mendengarkan saat yang lain membaca ayat-ayat suci Al Quran, hatiku terasa dipenuhi… Apa ya? Hatiku merasa begitu…. Ah begitulah. Susah dijelaskan. :’) Dan juga Ibu-Ibunya begitu baik, dan lumayan ramah. Aku suka :’) Aku dan teman-teman bahkan mendapatkan informasi mengenai desa Pinangraja dari mereka. Tuhan begitu baik karena sudah memperkenalkan kami kepada Ibu-Ibu di mesjid itu. Aku dan teman-teman memutuskan untuk datang ke mesjid setiap hari. Mudah2an, niat kami di ridhoi Allah. Aamiin.

Seusai tadarusan, kami pulang lagi ke rumah dan langsung disambut dengan makan malam. Rasanya…. Menakjubkan. Dan mengenyangkan secara…. Badan dan jiwa. Wkwkwkwk. Apa ya, istilah yang tepat buat itu? :’)

Ah, mumpung masih inget, hari ini kami pergi ke kantor desa, tapi di sana tidak ada siapa-siapa. Di sana hanya ada Ibu-Ibu yang habis pulang dari pasar, dan ternyata…. Kami mendapatkan informasi kalau besok di desa akan ada acara untuk memperingati Maulid Nabi ^^ Waaah!! Keren!! Mudah-mudahan besok kami bisa datang ke acara tersebut, dan acara tersebut berjalan dengan lancar :’) Aamiin.

Sisanya kami melanjutkan untuk bersiap-siap pergi ke pulau kapuk. LOL. Sepertinya hari ini kami semua akan tidur dengan sangaaaaaaaaaaat nyenyak sekali (mengingat aktivitas senam dan jalan kaki ituuuu wkwkwk) Walaupun aktivitas itu dilakukan dibawah cuaca panas yang…. Hahahahahaha. Begitulah. Tapi kurasa semuanya worth it. Menyenangkan. Dan menjadi sebuah pengalaman baru untukku.

Dan aku pun tertidur sambil berharap bahwa esok hari akan berjalan dengan menyenangkan juga, sama seperti hari ini.

Terima kasih Tuhan. Untuk segala kebaikan dan kemudahan yang sudah Engkau berikan kepada aku dan teman-teman hari ini. ^^ Tetap bersama kami, dan mudahkan semua urusan kami dalam kegiatan KKN ini. Aamiin. :)

***

Jurnal KKN 2016 Nur Rachminawati
Hari kedua KKN
Desa Pinangraja, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka

One thought on “Senam bareng Ibu-Ibu PKK | Jurnal KKN Nur Rachminawati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s