#UruuTalk : “Di mana privasi milikku?”

Pernah ngga sih, kalian nyari nama kalian sendiri lewat google?

Kedengarannya sih seperti orang narsis ya… Tapi, aku percaya sebagian dari kalian pernah melakukannya, termasuk aku.

Terus, kalian nemu apa aja?

Pasti tiap orang beda-beda ya….

Lantas, kenapa tiba-tiba aku menanyakan tentang hal ini kepada kalian, dan menuliskannya di postingan kali ini? Semua ini gara-gara hasil temuan mengenai diriku lewat google, yang terus terang memang bikin aku tercengang sebentar. Apa hasilnya memang seburuk itu? Jangan langsung mikir ke hal-hal negatif ya…. Hahahahahahaha. Seriusan. Bukan hal yang seperti itu kok. Hanya saja, hasil yang dibawakan oleh mbah google itu tentang diriku ini mendorong aku untuk menulis sesuatu di blog, dan inilah tulisannya : tentang privasi.

Aku benar-benar terkejut karena aku bisa menemukan banyak hal tentang diriku di internet hanya dengan mengetikkan namaku sendiri : Nur Rachminawati. Mulai dari akun facebook, akun twitter, blog ini, postingan tentang diriku di blog ini…. Bahkan…. Aku menemukan banyak foto diriku di google images. Ada foto diriku sendiri, ada foto aku dengan teman-temanku, ada juga foto aku bersama dengan keluargaku.

Setelah dipikir-pikir lagi, rasanya agak sedikit menakutkan. Serius.

Dan… Di dalam akun-akun media sosial yang aku buat, di sana menyimpan beberapa informasi pribadi yang berkaitan dengan diriku. Misalnya di facebook, seseorang bisa mengetahui tempat tinggalku, tanggal lahirku, usiaku, no handphone, jenis kelamin, minat, kesukaan, hobi, dan akun media sosial lain yang aku punya. Bahkan di facebook sendiri, seseorang bisa menemukan lebih banyak foto-foto tentang aku. Lewat akun facebook juga, seseorang bisa mengetahui akun media sosial apa lagi yang dimiliki oleh seseorang : misalnya twitter, instagram, bbm, path, dan lain-lain.

Aku tidak akan kaget jika menemukan penelitian yang menunjukkan bahwa kita bisa membaca dan mengetahui kepribadian seseorang dengan melihat akun facebooknya.

Pemikiran seperti itu membuatku merasa sedikit ketakutan. Rasanya seperti aku membeberkan banyak hal mengenai diriku sendiri di internet, tempat semua orang bisa melihat itu.

Well, ini jelas-jelas salahku sendiri. Mungkin ada sebagian orang yang tidak seperti aku; terlalu banyak mengumbar informasi, dan baru-baru ini aku menyadarinya. Telat sekali. Ya, ini salahku.

Kalau seseorang mencari tentang aku melalui facebook, orang akan menemukan akun twitterku (yang terhubung ke blog ini dan ngomong-ngomong terhubung juga ke ask.fm milikku) juga akan menemukan akun instagramku (yang terhubung ke facebook, twitter, juga blog ini), mereka juga akan menemukan pin bbm ku yang dengan bodohnya aku simpan di facebook.

Aku juga punya akun Path, tapi akun Path itu benar-benar berdiri sendiri, tidak kuhubungkan dengan media sosial manapun. Aku sempat mempromosikan akun Path milikku di blog ini, tapi setelah aku pikir-pikir lagi rasanya itu tindakan yang bodoh. Kalau aku melakukan hal itu, tidak ada ruang lagi untuk privasi milikku. Jadi aku segera menghapusnya.

Hmm…. Ohya, aku juga punya akun Pinterest dimana akun itu mencantumkan link blog ini (yang mana menyimpan banyak informasi tentang diriku) Aku masih ingat pada awalnya aku membuat akun pinterest untuk menyimpan banyak hal yang “menarik” bagiku, dan aku tidak ingin orang mengetahui bahwa aku-lah orang dibalik hal-hal menarik yang tersimpan disana. Well, aku juga menyimpan hal-hal yang aku sukai dimana teman-temanku bahkan tidak akan menyangka bahwa seorang ‘aku’ akan menyukainya, dan aku tidak ingin mereka tahu kalau aku menyukainya. Jadi aku ingin sesedikit mungkin informasi tentang diriku sendiri di akun pinterest tersebut. Tapi, aku dengan naifnya mencantumkan link blog-ku di sana, dan itu sama sekali bertolak belakang dengan keinginanku. Benar-benar bodoh . Sepertinya aku harus menghapusnya sesegera mungkin.

Dan begitulah…

Aku merasa di zaman seperti ini, tidak ada yang namanya privasi. Setiap orang bias menemukan apa yang ingin mereka cari lewat internet. Misalnya seseorang ingin mengetahui tentang si A, tinggal cari saja di internet dan internet akan menyajikan informasi yang cukup untuk membantu seseorang itu mengenali tentang si A. Dan, rasanya itu agak menakutkan. Mungkin kalian akan berpikir kalau aku ini terlalu lebay atau gimana, tapi memang inilah yang aku rasakan.

Aku tiba-tiba menyadari untuk tetap berhati-hati saat kita sedang berselancar di internet. Aku juga mendapatkan kebutuhan untuk memproteksi akun media sosialku; dengan siapa aku berinteraksi, dan siapa saja yang bisa berinteraksi denganku.

Rasanya, yang perlu banyak ‘diperbaiki’ adalah akun facebook ku. Disana terlalu banyak memuat informasi tentang diriku sendiri, sampai-sampai aku merasa takut orang bisa melihatnya.

Kita memang perlu sikap berhati-hati dan waspada dimanapun kita berada, meskipun kita berada di dunia internet yang kita pikir tidak akan ada orang yang tahu tentang apa yang kita lakukan dan yang kita pikirkan.

Nyatanya dunia tidak seluas yang kita duga. []

p.s : orang juga mungkin akan tahu seperti apa ‘kita’ dengan status-status yang sudah kita buat di media sosial kita (misalnya di facebook dan twitter) Orang itu mungkin dengan mudahnya ‘membaca’ kepribadian kita, karakter kita melalui status-status tersebut. Kita memang harus berhati-hati dengan apa yang kita tulis di media sosial ^^” Apalagi kalau media sosial tersebut dipasang dengan ‘nama kita’ sendiri.

p.s.s : kenapa aku baru-baru ini menyadari tentang hal ini? Kemana saja aku selama ini? .-. Mulai sekarang aku harus lebih berhati-hati! :<

p.s.s.s : pernah kebayang ngga, orang lain bisa mengetahui tentang kita melalui follower atau teman kita di facebook? Orang lain juga bisa mengetahui kesukaan kita dengan melihat akun-akun yang kita follow (di twitter), atau dengan melihat halaman-halaman yang kita sukai (di facebook) atau dengan foto-foto yang sudah kita posting (di instagram)

Salam hati-hati,

@uruuchan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s