Tentang Aku Yang Memilih Berkelana Ke Banyak Tempat di Dunia Lain | Jurnal Bulan Ramadhan Nur Rachminawati

Jurnal Bulan Ramadhan Nur Rachminawati
Juni – Juli 2014

MINGGU KEDUA

Tanggal 11 Juli 2014, Jumat

Sebenarnya, aku tiba-tiba teringat tentang salah satu kebiasaan buruk yang aku lakukan. Kebiasaan buruk itu adalah menunda-nunda pekerjaan. Ya Allah, aku benci sekali dengan kebiasaan itu. Aku sangat ingin menghilangkan kebiasaan itu, namun itu sangat sulit, karena terkadang (aku tidak mau munafik) menunda-nunda pekerjaan itu terasa… menenangkan, dalam beberapa hal.

Atau mungkin sebenarnya dalam diri ini, tidak ada kemauan untuk berubah? Sepertinya seperti itu. Aku tidak berusaha munafik.

Lalu, ketika menulis jurnal ini, entah jurnal yang keberapa, aku pikir jurnal ini semuanya menceritakan tentang kegiatanku membaca buku dan menonton anime setiap harinya. Selain itu? Tidak ada. Aku heran, kenapa aku tidak bosan melakukan itu? Kenapa aku tidak jenuh? Dan kenapa kegiatanku hanya seputar dua hal itu saja?

Mungkin orang lain akan menganggap bahwa hidupku begitu statis dan biasa saja. Sama sekali membosankan. Hanya berdiam diri, menenggelamkan diri didalam buku dan anime. Seperti anak kecil. Atau apa lagi yang ada di pikiran orang lain? Aku tidak tahu.

Tapi sebelum menanggapi hal itu, aku juga ingin tertawa kepada diriku sendiri. Hebat sekali diriku ini. Aku sama sekali tidak merasa bosan berada di dalam rumah hanya dengan buku dan anime. Orang lain mungkin berpikir “ngapain ya dirumah pas liburan? ngga ada kerjaan banget” Tapi aku? Aku sama sekali tidak berpikir seperti itu! Tidak satu kalipun. Sebaliknya, aku benar-benar menikmati setiap harinya liburan yang sedang aku jalani saat ini. Benar-benar waktu untuk bersantai bersama anime dan buku dirumah. Lengkap sudah.

Kalau orang lain menganggap apa yang selama ini aku lakukan sepertinya membosankan, mereka mungkin saja salah. Bukan berarti aku menganggap apa yang kupikirkan adalah yang paling benar (terserah mereka mau berpikir seperti apa) hanya saja, aku merasa sayang sekali mereka berpikir seperti itu.

Kalau mereka berpikir aku hanya berdiam diri dirumah, mereka SALAH BESAR. Aku pikir, dengan buku yang aku baca, sebenarnya aku sudah keluar dari rumahku sendiri. Aku pergi ke Jepang, Amerika, San Fransisco, Olympus, ke perpustakaan Alexandria, bertemu Dewa Zeus, Poseidon, Artemis, Aphrodite, dan masih banyak lagi. Bersamaan dengan anime juga, aku pergi untuk melihat banyak cerita menarik yang tidak aku temukan dalam kehidupan nyata yang sedang aku jalani ini. Jadi, sebenarnya mereka tidak tahu bahwa aku juga pergi berkelana ke berbagai tempat yang tidak pernah mereka ketahui sebelumnya. Bisa jadi, akulah yang banyak berlibur ke berbagai tempat dibandingkan mereka-mereka yang berlibur juga. Seperti itu. Aku keren kan?

Aku berpikir seperti itu, dan karena itulah aku merasa bahwa setiap hari yang aku jalani selalu menyenangkan hanya dengan bersama buku dan anime. Tidak pernah terasa sama, selalu berbeda, dengan perasaan berbeda. Dan aku tidak bisa merasa bosan. Satu hal yang bisa membuatku bosan adalah melihat rentetan chat yang menumpuk di setiap instant messenger yang aku punya. Membuatku kesal, sehingga terkadang aku hanya mengabaikannya saja. Kalau aku punya waktu, aku akan membacanya. Kalau moodku sedang baik, kemungkinan aku akan membalas chat itu. Kalau sedang buruk? Aku abaikan. Seperti itulah.

Maka dari itulah, selama liburan ini aku jarang muncul di medsos yang aku miliki. Beberapa temanku penasaran dengan aku yang ‘menghilang begitu saja’. Temanku itu tidak tahu bahwa aku sangat sibuk berkelana ke berbagai tempat bersama teman-temanku yang lain. Teman-teman dari buku yang aku baca. Aku lebih sibuk daripada yang bisa dibayangkan oleh teman-temanku.

Liburan ini benar-benar waktu yang sangat menyenangkan buatku!

Aku menonton Glasslip episode dua hari itu. Dan satu lagi anime summer yang baru rilis, yaitu Persona 4 The Golden Animation. Dan sejauh ini, aku masih membaca buku ketiga seri Percy Jackson, yaitu The Titans Curse (Kutukan Bangsa Titan)

Tidak lupa juga, setelah aku menamatkan Kamisama Hajimemashita, aku ketagihan untuk mendownload anime lain yang bergenre romance. Hahaha. Dan kali ini pilihanku jatuh kepada anime yang cukup lawas, yaitu “Hakuouki Shinsengumi Kitan”, dan aku mulai mendownload anime itu, yang penuh dengan laki-laki keren. Ehm! (Ketahuan banget fangirling-nya)

Seperti itulah yang aku lakukan untuk menghabiskan hariku. Dan sepertinya untuk minggu-minggu berikutnya masih seperti ini. Mungkin orang lain akan merasa bosan, tapi aku tidak. Dan aku tetap akan menulis jurnal ini, sebagai project yang aku lakukan di bulan Ramadhan tahun ini. []

Leave a Reply

