Dan Kubuka Al Quran Itu… Rasanya… | Jurnal Bulan Ramadhan Nur Rachminawati

Jurnal Bulan Ramadhan Nur Rachminawati
Juni – Juli 2014

MINGGU KEDUA

Tanggal 07 Juli 2014, Senin

Sudah minggu kedua lagi di bulan Ramadhan ini. Aku menepati apa yang sudah aku targetkan minggu kemarin, tentang membaca al Quran. Hari itu, aku mulai membaca al Quran lagi, setelah sekian lamanya, al Quran milikku terabaikan dan sedikit berdebu di bagian luarnya. Saat aku memegang Al Quran itu, entah kenapa timbul sebuah perasaan yang sulit untuk aku jelaskan. Mungkin kurang lebih seperti rasa rindu, dan… perasaanku tergetar entah karena apa.

Ya. Sudah lama sekali aku tidak memegang al Quran itu. Sudah lama sekali aku tidak membaca Al Quran. Saat aku membuka Al Quran itu sendiri, rasanya aku ingin menangis. Sudah lama sekali…

Terakhir kalinya aku membaca al Quran, itu baru sampai pada surat Al Maidah. Maka pada hari itu, aku melanjutkan kembali bacaanku… Dan, hatiku menjadi lebih tenang. Entah kenapa, setelah selesai membaca Al Quran, rasanya aku ingin segera berbuat sesuatu yang baik. Aku tidak mengerti tentang perasaan itu, tapi itu nyata adanya. Setelah selesai membaca al Quran pada shalat dhuha yang kulakukan itu, aku putuskan untuk membantu Ibu menyetrika pakaian. Saat itu, pakaian yang belum di setrika lumayan banyak, jadi aku ingin membantu Ibu.

Tapi itu tidak terjadi. Sayang sekali.

Aku berakhir di depan televisi, menonton film yang belum sempat aku tonton sebelumnya. Aku menonton anime movie yang berjudul “SPIRITED AWAY” yang ditulis oleh Hayao Miyazaki, dibuat oleh Studio Ghibli. Ngomong-ngomong soal studio Ghibli, studio ini terkenal sekali. Akupun sudah mendengar namanya, walaupun aku belum pernah menonton karyanya satu kalipun. Jadi, film ini adalah film pertama dari studio Ghibli yang aku tonton, dan aku sangat penasaran sekali. Katanya film ini memenangkan penghargaan oscar? Apa itu benar?

Dan aku menontonnya. Kalian tahu? Aku hanya menonton seperempatnya saja dari film itu. Bukan berarti aku bosan, lalu aku mematikannya begitu saja. Bukan berarti aku tidak suka terhadap film itu. Bukan. Tapi, kasetnya rusak. Sial.

Padahal aku baru saja sampai di bagian yang menurutku seru, saat Sen (Chihiro) melayani pelanggan pertamanya, monster berlumpur yang sangat bau itu. Dan tiba-tiba saja, filmnya rusak. Padahal kalau aku lihat-lihat lagi, kasetnya baik-baik saja. Aku harus menahan kekecewaanku saat itu, dan mengalah. Mungkin sebaiknya aku memang menyetrika saja.

Tapi aku sudah terlanjur penasaran. Jadi, aku memutuskan aku harus mendownload filmnya nanti. HARUS. Kalau aku sudah bertekad, aku pasti bisa melakukannya.

Ohya, saat itu aku sudah mulai membaca buku baru, yang waktu itu aku beli bersama Ibu saat ke Jatos. Judulnya “MIDDLE SCHOOL : The Worst Years of My Life” yang ditulis oleh James Patternson dan Chris Tebbetts, diterbitkan oleh teen@noura. Aku menikmati Buku itu. Kenapa? Karena didalam buku itu terdapat banyak illustrasi yang menarik! Menyenangkan sekali membaca buku itu. Selain itu, buku itu juga ditulis dalam sudut pandang seorang anak SMP yang… Yah seperti itulah.

Buku yang keren! Ayo kita lihat, sejauh apa buku ini bisa membuatku merasa tertarik lebih jauh. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s