“Mahasiswa”-nya Baru Terasa.

Halo halo!! ^^
Selamat malam semuanya, dimana pun kalian berada, semoga kalian semua dalam keadaan yang baik-baik saja, dan selalu bahagia karena limpahan kasih sayang dari Allah SWT.

Akhirnya, setelah cukup lama blog ini terabaikan… *bayangkan, di bulan Mei aku belum membuat postingan sedikitpun ;____; sakitnya itu disini lhooo* aku mendapatkan waktu untuk menulis :’) *rasanya aku benar2 butuh menulis untuk kebaikan diriku sendiri.*

– – –

Kenapa postingan kali ini aku beri judul “‘Mahasiswa’nya Baru Terasa”? Karena itulah yang akan aku ceritakan pada kalian :’)

Akhir-akhir ini, aktivitasku memadat dengan cepat. Persisnya kapan, aku tidak tahu. Tapi mungkin bulan Mei ini memang benar-benar tidak ada waktu untuk beristirahat… Maksudku benar-benar “beristirahat”, karena aku di sibukkan dengan menjadi panitia di beberapa UKM *yang kebetulan dua-duanya mengadakan ‘grand event’ dalam waktu yang cukup dekat*

Aku kurang tidur, makan tidak terkontrol, tugas mulai menumpuk karena aku abaikan, pikiran-pikiran yang bercabang kemana-mana… Belum lagi masalah-masalah di UKM, dan kepanitiaan yang aku ikuti itu.

Rasanya lelah kalau kalian menanyakan perasaanku. Sangat lelah. Rasanya, spirit dan mental yang kupunya harus seluruhnya aku curahkan kepada kegiatan di kampus seluruhnya. Lelah :’))

Dan… Aku berpikir, “oh, jadi ini yang namanya mahasiswa ya?” seperti itulah.

Baru pada bulan Mei ini aku merasakan menjadi mahasiswa. Yah, meskipun aku tidak tahu secara tepatnya ‘mahasiswa’ itu seperti apa, namun yang selalu ada dalam pikiranku tentang mahasiswa adalah ‘sibuk’. Maka, wajar saja, baru kali ini aku merasa menjadi mahasiswa, karena aku merasa sangat sibuk sekali :’) Aku merasa menjadi mahasiswa :’)

Karena, kalau kalian tahu, saat semester satu, aku pikir aku tidak sesibuk ini. Malah, mungkin kebanyakan -kalau orang banyak bilang- gabutnya. Semester satu masih bisa aku tangani; tugas bisa aku selesaikan, beberapa kepanitiaan yang aku ikuti masih tertangani, tidak ada masalah dari diri sendiri, hmm… dan juga kelas, semuanya masih bisa terkontrol. Mungkin itu masuk akal, karena semester satu -buatku- adalah fase ‘mengamati’. Mengamati semuanya, dan menunggu keputusan.

Dan pada semester dua… Aku merasa sangat speechless setelah melihat sejenak kebelakang, pada hari-hari yang kulewati -yang ngomong2 sudah di penghujung bulan Mei lagi- dan pada yang sudah aku lakukan. WAW. Ternyata waktu berjalan dengan cepat, bahkan aku merasa sangat kesulitan untuk mengingat tanggal berapa hari ini -.-“

Bulan Mei benar-benar puncak dari segala puncak dinamika perkuliahanku sampai saat ini, mulai dari tugasnya, masalahnya, kepanitiaan yang aku ikuti, dan masih banyak lagi. Salah satunya masalah internal dalam kelasku. Yah… Seperti itulah. Aku tidak bisa berkata banyak.

Namun….

– – –

Namun… Di balik semua itu… Terselip rasa syukur dalam hati ini.

Kenapa ‘rasa syukur’ ? Karena tidak semua orang bisa merasakan apa yang aku rasakan. Maksudku, coba pikirkan perasaan orang-orang yang belum diberikan kesempatan untuk menduduki bangku kuliah, merasakan menjadi mahasiswa? Jadi, kalau dipikir-pikir lagi, apa yang aku alami saat ini adalah sebuah anugrah :’)

Lalu, kalau aku memilih menjadi orang yang egois; mengabaikan UKM yang membutuhkan tenaga dan pikiranku, tidak peduli pada masalah-masalah yang ada disekitarku, dan lebih mementingkan kepentingan diri sendiri (untuk kebaikan diri sendiri)… Rasanya aku sudah menjadi orang jahat. Maksudku, -coba pikirkan dengan kepala yang dingin- bukan hanya aku saja yang punya masalah, semua orang juga  punya masalahnya masing-masing. Namun, mereka memilih untuk tidak egois; mereka masih memegang kewajiban mereka sebagai anggota UKM, mereka juga (mungkin) punya tugas-tugas yang menumpuk sama seperti aku, dan mungkin mereka juga masalah pribadi, namun yang paling penting… Mereka mengemban semuanya. Mereka tidak punya waktu untuk egois untuk diri sendiri, dan mengeluh. Mereka “MENJALANI” semua itu.

Kalau memikirkan diri sendiri yang berbuat egois, rasanya aku merasa malu. Jadi, aku berharap aku bisa menjalani semua ini dengan baik, dan bersungguh-sungguh; bisa mengatur semuanya, mengkoordinir semuanya, dan menyelesaikan semuanya dengan baik dan benar.

Selain itu juga, bukannya mengeluh tidak akan mengubah apapun? Kenapa kita tidak mengganti ‘mengeluh’ dengan sesuatu yang lebih bermanfaat, seperti mengerjakan apa yang kita keluhkan? Mencari solusi? :’D *kok aku mulai merasa sok bijak ya? padahal belum tentu aku juga akan melakukan apa yang aku katakan. tapi setidaknya aku berusaha; berusaha untuk berubah, dan berusaha untuk mengingatkan orang lain*

Kalau dipikir-pikir di dunia ini tidak ada yang tidak bisa di selesaikan. Semua pasti punya solusi, dan itu berujung pada apa yang akan kita pilih; apakah kita memilih untuk mencari solusi itu, ataukah kita memilih untuk diam, dan tidak mencari solusi itu? Seperti yang pernah di katakan, “Hidup adalah pilihan”. Semua tergantung pada pilihan yang kita pilih.

– – –

Wah… Tidak terasa sudah cukup panjang juga tulisan ini.
Memang ya, ini seperti mencurahkan sedikit ‘beban’ yang ada di pikiranku. Rasanya legaaa sekali :’) Aku sangat bersyukur kepada manusia yang menemukan huruf dan bahasa ><

Kepada teman-temanku yang sudah lulus UN, dan menunggu pengumuman ‘terpanggilnya menjadi mahasiswa’; inilah sedikit kisah dari aku yang menjalani hidupku sebagai mahasiswa. Jangan dikira menjadi mahasiswa bisa berleha-leha, pasti akhirnya kalian akan disibukkan -setidaknya- dengan keberadaan tugas dari dosen :”D

Mudah-mudahkan, dari postingan ini, kalian bisa mendapatkan sesuatu ya :”)

Selamat malam, sampai jumpa di postingan berikutnya ^^
@uruuchan

Leave a Reply

