Sekilas Tentang Komunikasi Organisasi

15 April 2014

HOAAAMM~

Akhirnya selesai juga membaca materi Komunikasi Organisasi (nanti aku menyebutnya komorg, agar singkat ^^) untuk UTS besok ^^” Sebenarnya, cara belajarku ini memang tidak patut untuk di tiru (u know what i mean, sistem kebut semalam -.-) Sangat2 tidak efektif. Namun, bukan berarti aku baru belajar hari ini saja, sebelumnya aku juga pernah me-review mata kuliah ini :)

Seperti biasa, dalam rangka me-review apa yang sudah aku pelajari di kelas tentang komorg alias Komunikasi Organisasi, aku akan menuliskannya disini ^^ Sekalian mengulang lagi, agar UTS besok bisa lancar juga ^^

Yossh, daripada berlama-lama, silahkan di baca ya ^^ Di bawah ini baru materi awal dari mata kuliah Komunikasi Organisasi.

– – –

Apa yang ingin kalian ketahui dari komunikasi organisasi?

Banyak.

Maka dari itu, kita mulai saja dari : Apa itu komunikasi organisasi?

>> APA

Apa yang terbayang di benak kalian ketika mendengar kata “komunikasi”? Percakapan? Obrolan? Interaksi? Bertatap muka? Bertukar pesan? Yah, yang aku sebutkan tadi memang benar kok ^^

Lalu, bagaimana dengan “organisasi”? kumpulan orang-orang? kumpulan dari kelompok2 kecil? Itu juga benar. Tidak salah.

Jadi, jika di gabungkan?

Komunikasi organisasi adalah interaksi yang terjadi pada orang-orang atau pada kelompok2 kecil (ini sih baru sepemahaman ku saja hehehe)

Namun, itu masih belum lengkap. Pengertian diatas masih belum sempurna. Ada satu ‘item’ yang terlupakan. Dan apakah itu? Coba deh kalian pikirkan, biasanya organisasi itu dibentuk karena apa? Karena punya TUJUAN, dan TUJUAN itu milik bersama.

Maka, Komunikasi Organisasi adalah interaksi yang terjadi pada kumpulan kelompok-kelompok kecil, yang mempunyai tujuan bersama. Kalau ingin arti yang lebih lengkap nya lagi….

“Komunikasi Organisasi adalah kumpulan dari kelompok-kelompok kecil yang bergabung membuat sebuah organisasi dan mempunyai arah dan tujuan yang jelas.”

Mungkin bagi kalian sudah mengetahui komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi juga masih termasuk kedalamnya. Jadi komunikasi organisasi juga bisa disebut sebagai komunikasi interpersonal yang terjadi di ruang lingkup organisasi *singkat banget ya? wkwkwkwk*

>> KONSEP UTAMA Komunikasi Organisasi

Dari apa yang sudah aku dapatkan di kelas, ada dua konsep utama yang berkaitan erat dengan komunikasi organisasi, diantaranya :

1. Adanya hubungan yang terjalin (karena organisasi tidak akan pernah bisa berdiri sendiri. selain itu, karena organisasi di bangun oleh manusia, dan manusia adalah makhluk sosial, maka organisasi akan ‘memaksi’ kita untuk menjalin hubungan dengan banyak orang ^^)

2. Adanya pengertian bersama (tanpa pengertian bersama, organisasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. tidak ada kerja sama, maka tidak ada organisasi. kita berbagi pengertian bersama, karena dalam organisasi kita berbagi tujuan yang sama :D )

>> SIFAT Komunikasi Organisasi

Komunikasi organisasi tergolong unik, selain itu, punya beberapa sifat yang khas juga, diantaranya :

1. Komunikasi Organisasi terlihat dari strukturnya

2. Komunikasi dalam Organisasi berfungsi untuk mencapai tujuan organisasinya itu sendiri

3. Komunikasi adalah ORGANISASI itu sendiri (coba pikirkan lagi baik2, karena kalimat ini memang perlu di renungkan sedikit. dan setelah itu, kalian pasti berseru, “OH IYA JUGA YA??” hehehehe)

4. Komunikasi Organisasi membangun eksistensi organisasi

5. Komunikasi Organisasi menggambarkan dinamika kelompok
(Sumber : .ppt yang dibuat oleh Akh. Muwafik Saleh. S.Sos.,M.Si.)

– – –

Mungkin ini yang bisa aku bagikan kepada kalian, untuk materi selanjutnya, akan aku tulis di postingan berikutnya ^^

Tapi sebelum kuakhiri postingan ini, ada beberapa hal yang ingin aku ceritakan kepada kalian. Aku hanya menceritakannya disini saja lho! Anggap saja, kalian yang sedang membaca ini sedang beruntung ;)

Sebelumnya, aku pernah membuat postingan tentang Komunikasi Organisasi juga, yah… walaupun itu masih tataran secara umum (lihat disini) dan disana aku juga pernah menceritakan bahwa mata kuliah ini menjadi menarik di mataku, karena aku melihatnya dari ‘sudut pandang’ yang berbeda ^^

Dan itu masih berlaku sampai saat ini; sampai aku menulis postingan yang satu ini ^^ Coba deh kalian baca postingan yang aku maksud tadi ^^

Mungkin ini terkesan aneh, namun dengan ‘sudut pandang’ yang demikian, aku bisa lebih mudah memahami Komunikasi Organisasi itu sendiri ^^

Salam hangat,
uruuchan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s