Konsep Dasar KLASIFIKASI

Selamat malam semuanya :D Semoga kalian semua diberkahi selalu oleh Rahmat-Nya, dimanapun kalian berada :)

Oke. Sebetulnya, aku membuat postingan ini dalam rangka me-review ulang apa yang sudah aku pelajari di kelas, karena besok aku akan menghadapi UTS Genap -.- Jadi tidak ada salahnya kalau aku berbagi apa yang sudah aku dapat untuk kalian? :D

Silahkan di baca ^^

– – –

Mungkin kalian semua tidak asing lagi dengan kata klasifikasi. Bahkan mungkin, secara tidak langsung, kalian banyak melakukan klasifikasi ini dalam hidup kalian masing2.

>> APA

jadi, apa itu KLASIFIKASI?

Klasifikasi adalah penyusunan, pengelompokkan, pemisahan, penggolongan, memisahkan, membedakan. Itu artinya, kita mengklasifikasikan (menggolongkan) suatu benda (apapun itu) berdasarkan ‘suatu aturan’ yang berlaku. Aturan itu bisa jadi dari : warnanya, ukurannya, manfaatnya, dan masih banyak lagi.

Sadar tidak? Di lemari pakaian kalian, kalian memisahkan mana baju, mana celana. Di dapur, kalian memisahkan piring, gelas, mangkok, dan sendok. Di dalam file komputer, kalian membuat folder2 seperti musik (untuk menyimpan musik) photo (untuk menyimpan momen2 berharga) dan lain lain. Mungkin di rak sepatu? Kalian memisahkan sepatu olahraga, dan sepatu untuk sekolah, ada juga sepatu untuk main, dan juga sepatu untuk ke pesta atau acara2 resmi. Dan masih banyak lagi.

Hal2 yang tadi aku sebutkan, sebenarnya itulah klasifikasi! Secara tidak langsung, (dan mungkin tidak kalian sadari) kalian sudah melakukan kegiatan klasifikasi dalam hidup kalian :D keren kan? hehe. Contoh yang tadi aku sebutkan, sebenarnya baru sedikit. Masih banyak lagi dalam kehidupan kita yang “dimudahkan” karena adanya proses klasifikasi.

Dalam dunia ilmu perpustakaan juga tidak terkecuali. Klasifikasi menjadi sebuah mata kuliah yang wajib di pelajari. Karena ada di ranah perpustakaan, maka objek yang di klasifikasikan (kebanyakan) adalah buku. Kalian tahu? klasifikasi untuk buku bisa lebih kompleks daripada apa yang bisa kalian bayangkan ^^

jadi, apa itu KLASIFIKASI?

Klasifikasi adalah penyusunan bersistem dalam suatu kelompok berdasarkan aturan yang berlaku.
Klasifikasi adalah pengelompokkan entitas berdasarkan kategori dan ciri yang sama. (ini yang aku dapatkan di kelas klasifikasi di kampusku ^^)

sudah paham kan sampai disini? ^^”.

Mungkin kalian sama seperti aku. Aku tidak pernah menyangka bahwa ‘hal kecil’ yang aku lakukan dalam hidupku seperti menggolongkan barang2, bisa menjadi sebuah mata kuliah yang penting ^^ Kedengarannya memang aneh, tapi itulah kenyataannya. Tapi ternyata, dibalik ‘hal kecil’ itu, aku hanya baru mengetahui sebagian kecil saja. Masih banyak yang belum aku ketahui. Dan setelah mempelajari ‘hal kecil’ ini, aku jad lebih banyak tahu, dan berimbas menjadi ‘sesuatu yang lebih besar’ dalam kehidupan ku juga sekitarku :”D Percayalah ^^

>> TUJUAN

Kali ini, konsentrasinya lebih kepada tujuan klasifikasi buku dalam dunia perpustakaan :)

mungkin, kalian pasti pernah bertanya2, “Apa sih tujuan adanya klasifikasi di perpustakaan? perasaan ngga ngaruh2 amat. Toh buku tinggal disusun-susun aja. kenapa mesti repot?” wkwkwkwk

adanya klasifikasi, bertujuan :

1. memudahkan pencarian bahan pustaka (misalnya buku) oleh pengguna (mungkin ini masih terlalu awal, tapi klasifikasi bisa menentukan dimana ‘lokasi’ buku itu berada)

2. menempatkan bahan pustaka dengan subyek yang sama kedalam satu jajaran koleksi yang sama.

*subjek itu seperti tema, atau disiplin ilmu, atau topik utama yang dibahas dari buku itu. misalnya ada sebuah buku dengan jenis novel yang berjudul “CRUISE CHRONICLE” yang ditulis oleh Ruwi Meita. Maka subjek utamanya adalah literatur; fiksi*

misalkan, kalau buku2nya fiksi semua, kita mengumpulkan semua buku dengan subyek fiksi dalam satu rak yang sama ^^

3. memudahkan penempatan buku baru.

>> FUNGSI

Adapun fungsi dari klasifikasi itu sendiri :

1. Panduan untuk mengembangkan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan

2. Memudahkan proses SHELVING *googling sendiri ya, arti dari SHELVING hehehee*

>> MANFAAT

Manfaat? jangan ditanya. JELAS BANYAK BANGET. Manfaatnya itu sendiri tergantung pada klasifikasi itu digunakan pada bidang apa.

Misalkan klasifikasi pakaian di dalam lemari, jelas manfaatnya adalah untuk memudahkan kita dalam mencari suatu pakaian. kalau kita buru2, kita bisa dengan mudah mendapatkan apa yang kita cari. NAAAHHH, dalam perpustakaan juga seperti itu ^^

Manfaat disini adalah manfaat klasifikasi dalam perpustakaan, diantaranya :

1. Penuntun berpikir sistematis
2. Untuk mengetahui jumlah koleksi yang ada di perpustakaan tersebut
3. Untuk mengetahui keseimbangan koleksi
4. Untuk mengetahui cakupan ilmu pengetahuan
5. Keragaman koleksi dengan mudah di ketahui.

– – –

Mungkin sebagian dari kalian masih absurd dengan apa yang sudah aku jelaskan pada kalian.

Jika kalian punya banyak waktu luang, cobalah untuk mempelajari salah satu skema klasifikasi yang digunakan untuk buku di perpustakaan, aku sarankan untuk melihat skema klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification)

Terkesan seperti “buat apa sih? Kayak kurang kerjaan banget belajar kayak gitu dengan sengaja”. Yah, boleh2 saja sih kalian beranggapan seperti itu, tapi aku tidak main2. Setelah kalian mempelajari skema klasifikasi itu, kalian akan mengerti maksudku.

kalian akan menemukan sesuatu yang bisa membuka pikiran kalian.
itu yang aku dapat setelah mempelajari skema klasifikasi DDC (saat aku duduk di bangku SMA) dengan sengaja *dan karena tuntutan tugas akhir juga*

tidak ada didunia ini yang bisa disepelekan, atau diremehkan. termasuk untuk kegiatan “klasifikasi” seperti ini juga ^^ klasifikasi ini benar2 membuka mataku juga pikiranku, dan benar2 membantuku untuk berpikir sistematis, berurutan, dan terorganisir :3

Mata kuliah klasifikasi ini berhasil menempati hatiku ^^ Bukan karena dosennya, tapi karena materinya itu sendiri. KLASIFIKASI :D

– – –

yosshaa! semoga bermanfaatnya teman-teman.
sampaikan komentar, kritik, dan saran kalian juga ^^

doakan aku, semoga aku bisa melalui UTS ini dengan lancar. aamiin

salam hangat,
uruuchan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s