Berkerudung (Lagi)

selamat pagi! semoga, dimanapun kalian yang sedang membaca ini, dalam keadaan sehat wal afiat dan bahagia ^^

kemarin malam, aku punya perasaan bagus untuk "bercerita" kepada Jo, diary ku tersayang ^^ dan aku memutuskan untuk "bercerita" *banyak hal* kepada Jo malam itu. karena, rasanya sudah lama sekali aku tidak "bercerita" kepadanya :) dan setelah bercerita, rasanya perasaanku ringan sekali.

aku ingat, salah satu yang kuceritakan kepada Jo malam tadi adalah tentang aku yang berkerudung lagi.

berkerudung. hijab.

jadi, aku juga akan menuliskannya disini ^^

– – –

Jadi, sebenarnya, begini : saat aku berada di SD aku tidak menggunakan kerudung, saat SMP dan SMA aku mulai menggunakan kerudung *itupun karena aku berada di sekolah yang islami, jadilah aku menggunakan kerudung hanya saat sekolah saja, di luar sekolah, aku masih tidak pakai kerudung* dan… saat memasuki kuliah…. aku benar2 melepaskan kerudung ku dengan total.

aku juga penasaran dengan apa yang aku pikirkan saat itu, kenapa aku melepaskan lagi kerudungku ya?

banyak orang2 yang menyayangkan keputusanku ini; orangtuaku, temanku, hmmm… guru? mereka tidak tahu dengan keadaan ku kuliah saat ini *tapi, jika mereka tahu, mungkin mereka akan kecewa juga*

jadilah, saat aku memulai hari pertamaku kuliah, aku tidak memakai kerudungku, tapi menggerai rambut panjangku.

bagaimana rasanya tidak menggunakan kerudung ya? satu kata. terbuka.

tapi aku juga merasa ringan sih, yah karena rambut yang "dimainkan" oleh angin ternyata rasanya menyenangkan, sekaligus merepotkan. kadang aku berkaca melihat keadaanku, rambut ku seperti habis bangun tidur. jabrik, dan keriting ngga puguh.

mungkin aku tidak memakai kerudung terhitung sejak bulan agustus-an, atau november-an? aku lupa lagi.

dan itu bertahan sampai bulan maret kemarin.

– – –

cerita kenapa aku mengenakan kerudung lagi….

sebenarnya, menjelang maret, aku merenungkan banyak hal. apalagi menjelang ulang tahunku ke 18 tahun di bulan april. ini semua tentang perubahan. itu yang aku pikirkan saat itu.

aku ingin berubah.

terlepas dari banyaknya kesalahan yang sudah aku lakukan selama 5 tahun terakhir…. aku ingin berubah. melupakan diriku yang lama, dan menjadi diriku yang baru.

aku ingin di terima lagi oleh Allah. aku ingin dekat lagi dengan Allah.

Rasanya, saat kerudungku di lepas, aku merasa jauh dengan Allah. maka dari itu, aku mengenakan kerudung lagi, agar aku bisa menjadi diriku yang baru, dan diterima (lagi) disisi Allah…

aku berpikir, di usiaku yang ke 18 tahun, aku harus memperbaiki apa yang sudah aku lakukan. mungkin, salah satunya adalah berjalan terus kedepan, bukannya terpaku di jalan menengok kebelakang *melihat masa lalu* dan aku memulainya dengan memakai kerudung.

awalnya aku merasa takut dengan respon teman2 ku yang lain. bagaimana pendapat mereka tentang aku yang menggunakan kerudung lagi? tapi setelah kupikir pikir lagi, sebenarnya aku berkerudung buat siapa? kenapa aku begitu mementingkan pendapat mereka?

dan mulailah pada tanggal 01 april 2014, aku menggunakan kerudung lagi.
rasanya seperti…. aku sudah menciptakan perubahan besar dalam hidupku sendiri. rasanya aku sudah melakukan hal yang tepat. kenapa aku tidak melakukannya dari dulu ya?

kenapa harus di awal april?

karena bulan april adalah bulan spesial bagiku. yah, itu karena april adalah bukan kelahiranku, makanya selalu terasa spesial.

april adalah bulan kelahiranku, maka di bulan april 2014 ini juga, aku ingin terlahir kembali :)

manusia sungguh menakjubkan ya… mereka bisa terlahir kembali, mereka bisa memutuskan yang terbaik untuk diri mereka sendiri, mereka mempertimbangkan banyak hal, mereka belajar dari kesalahan.

manusia sungguh menakjubkan!!!

bagaimana rasanya menggunakan kerudung lagi?

rasanya… gerah. sedikit gerah sih, tapi aku baik2 saja. kalau cuaca dingin seperti sekarang ini, memakai kerudung rasanya akan sangat nyaman ^^

selain itu, aku merasa ‘rapi’ dengan memakai kerudung. sebelumnya, aku harus mengecek penampilan rambutku; apakah berantakan? apakah keriting tidak karuan? tapi setelah memakai kerudung, aku merasa selalu rapi :)

teman2 ku banyak yang memberikanku ucapan selamat, karena memakai kerudung lagi, dan aku terharu sekali. mungkin seperti ini rasanya ketika seorang ‘non-islam’ masuk kedalam islam, disambut dengan ucapan penuh kehangatan. eh, apakah yang itu nyambung?

tapi rasanya senang sekali, karena aku memakai kerudung lagi. aku merasa senang, orang lain juga.

mungkin teman2ku banyak yang tidak tahu kisahku yang memakai kerudung lagi :’) tapi sekarang aku menceritakannya disini.

ketika teman2 ku bertanya ‘nui kenapa kamu pakai kerudung lagi?’ aku hanya tersenyum dan menjawab ‘karena ini bulan april’ :)

salam hangat,
uruuchan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s