Tentang Komunikasi Organisasi

Selamat malam!
Hari ini aku sudah memulai kegiatan kuliahku, dan aku bertemu dua mata kuliah yaitu Klasifikasi dan Fotografi.
Di akhir hari ini, mood ku jatuh berantakkan. Alasan tepatnya aku tidak tahu, namun itu sukses membuatku bad mood.
Tapi lupakan saja! Karena hari ini aku ingin berbagi kesan tentang mata kuliah yang akan aku hadapi esok hari, yaitu Komunikasi Organisasi :)

– – –

Tentang komunikasi organisasi (aku menyebutnya Komor hehehe), awalnya aku mengartikannya sebagai komunikasi yang berlangsung dalam lingkungan organisasi. Setelah beberapa kali pertemuan, ternyata arti dari komor sendiri lebih kompleks dari apa yang aku bayangkan.

Komor itu sendiri adalah bagaimana kita melihat diri kita sendiri dalam sebuah organisasi. Bahwa kita adalah bagian dari organisasi.

Apa ya? Ketika dosen menerangkan tentang hal itu, entah kenapa aku langsung teringat kepada anime Fairy Tail. Soalnya, orang orang dalam anime Fairy Tail, mereka semua menganggap bahwa mereka adalah bagian dari organisasi atau guild Fairy Tail itu sendiri.

Dosen ku juga mengatakan bahwa komor adalah sebuah konsep pemahaman hidup bersama dalam organisasi; mempercayakan suatu kelompok untuk masuk kedalam hidup kita.

Sama seperti guild (kelompok) Fairy Tail. Natsu, Gray, Erza, Lucy, Mirajane, dan lain lain, mempercayakan guild Fairy Tail untuk menjadi bagian dari hidup mereka. Mereka sepenuh hati menghormati, menghargai, melindungi, guild yang sudah menerima mereka.

Karena berkelompok membuat eksistensi diri kita di akui. Kita merasa di anggap dalam kelompok tersebut.

Terkadang, kita memasuki suatu kelompok agar kita bisa menjadikan kelompok itu sebagai bagian dari diri kita sendiri.

Karena sebenarnya kita adalah satu tipe etnis yang takut kehilangan tempat bersama atau kelompoknya

Itu yang di katakan oleh dosenku.

Iya juga sih ya, aku pikir begitu.

Tanpa kita sadari, walaupun dalam hati kita menyangkal bahwa kita tidak membutuhkan orang lain, namun pada kenyataannya kita tetap bergantung kepada orang lain. Karena kita memang di takdirkan untuk hidup seperti itu.. Mencari orang lain yang menerima dan mengakui kita.

Tentang komunikasi organisasi juga, bagaimana kita menghargai dan mencintai organisasi yang akan atau sudah menjadi bagian dari hidup kita, rasanya itu memang benar. Tak heran maka kita begitu ‘fanatik’ terhadap segala hal yang berkaitan dengan organisasi.
Seperti fairy tail, orang orang di dalamnya merasa sangat bangga karena mereka menjadikan fairy tail sebagai bagian dari hidup mereka.

Mereka semua begitu mencintai fairy tail.
Mereka membanggakan lambang atau simbol dari guild fairy tail.
Dan mereka akan sangat marah jika ada seseorang atau guild lain mengejek atau menghina guild mereka.

Dalam guild, mereka menjunjung tinggi kebersamaan, kekeluargaan, dan kesetiaan.

Di dalam guild juga, mereka menemukan ‘keluarga’ mereka yang lain, dan juga seseorang yang berharga untuk di lindungi.

Seperti itulah berada dalam sebuah guild atau sebut saja organisasi. Organisasi yang kita pilih, dan mengizinkan organisasi tersebut untuk masuk dan menciptakan suatu identitas diri yang baru dengan konsep berpikir bahwa organisasi itu adalah bagian dari hidup kita.

Aku pikir ini menjadi sudut pandang pemikiran yang unik. Jadi, kemungkinan aku akan menyenangi mata kuliah yang satu ini :)
Aku tertarik dengan ‘kenyataan’ bahwa manusia takut kehilangan ‘tempat bersama’ itu. Karena mungkin, aku adalah salah satu orang yang berpikir bahwa aku tidak memerlukan orang lain. Bahwa mempunyai sebuah kelompok atau organisasi itu tidak begitu penting.

Namun, lihatlah pada kenyataannya..
Bahwa aku mencari tempat dimana seseorang akan menerima aku.

– – –

Aku menantikan materi lain dari mata kuliah yang satu ini ;)

Leave a Reply

