Manusia, Makhluk yang (Benar-Benar) Unik

[ditulis 08 Februari 2014]

kalau mau di katakan, manusia itu benar2 makhluk yang sangat unik. mungkin, berapa lamapun kita mencoba untuk mempelajari manusia, waktu yang kita punya tidak akan pernah cukup.

satu sifat manusia yang aku sadari karena aku mengalaminya sendiri (dan aku mengamininya) adalah : manusia tidak akan pernah puas.

mungkin apa yang aku rasakan lebih spesifik. puas ke hal yang bersifat materi.

ketika manusia sudah mendapatkan sesuatu, dia akan mencoba untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi.

dan, aku sadari sifat itu bisa mengarah kepada kebaikan atau keburukan sendiri. tergantung bagaimana kita yang mengarahkannya.

katakanlah, aku punya sebuah benda yang masih lumayan bagus. sangat bagus, tidak juga. jelek, tidak seperti itu. tapi… hatiku menginginkan benda yang sama, namun dengan keadaaan yang bagus.

kenapa aku menginginkannya?
kenapa aku merasa ‘menginginkannya’?

apa alasannya?
kenapa?

dan aku diberi kesempatan untuk memiliki benda yang sama, dengan keadaan yang lebih (dan sangat) bagus.

dengan keadaan seperti ini, akan ada saatnya lagi dimana aku menginginkan benda yang sama, dengan keadaan 5x lebih bagus.

aku tidak akan pernah puas.

kenapa aku tidak merasa cukup ya?

apa keinginan bisa dibatasi? apa hal yang bisa membatasi keinginan? niat-kah?

kenapa manusia tidak pernah merasa puas?

apakah ada alasannya dibalik penciptaan sifat ini? apakah Tuhan punya alasan mengapa Dia menciptakan manusia dengan sifat tidak pernah puas? rasanya aku ingin mengetahuinya.

bagaimanapun juga, apa yang dikatakan oleh banyak anime yang akhir2 ini aku tonton adalah sebuah kebenaran sekaligus sebuah kenyataan.

bagaimanapun kita meneliti manusia, manusia adalah makhluk yang aneh dan unik. dengan segala sifat yang melekat pada dirinya.

Leave a Reply

