“Ia ingin berad…

“Ia ingin berada bersama ibunya di perpustakaan, yang semuanya aman, bernomor, dan diatur dengan sistem desimal Dewey. Ben berharap seluruh dunia diatur dengan sistem desimal Dewey. Dengan demikian, kau bisa menemukan apa pun yang kau cari, misalnya arti mimpimu atau ayahmu.”
– WONDERSTRUCK hal.442

ALL HAIL DEWEY!

ALL HAIL DDC!

Hahahaha >.< Aku sangat senang ketika aku menemukan buku yang menyisipkan DDC di dalamnya :) Dan aku temukan itu pada buku WONDER STRUCK yang di tulis oleh Brian Selznick, dan di terbitkan oleh Mizan Fantasi. Sebelumnya Brian juga menulis buku ‘The Invention of Hugo Cabret’ yang di terbitkan oleh penerbit yang sama.

Sekilas saja tentang DDC; DDC (Dewey Decimal Classification atau Sistem Klasifikasi Desimal Dewey) adalah sebuah sistem pengklasifikasian buku berdasarkan subjeknya yang ditemukan oleh Melvil Dewey pada tahun 1876. Dengan sistem pengelompokkan ini, buku akan lebih mudah di cari dan di temukan :) *Daaaan, aku akan mempelajari tentang DDC ini di jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan >.< Hahahaha. Aku tidak sabar! Aku sudah mengenal DDC beberapa bulan yang lalu, saat aku masih di SMA. Aku mengangkat topik tentang DDC ini untuk tugas akhir-ku :)*

Disinggungnya DDC dalam buku Wonder Struck ini masuk akal, karena Ibunya tokoh utama -yang bernama Ben- bekerja di perpustakaan. Maka, Ibunya Ben pasti tidak asing dengan sistem DDC ini :) Pustakawan wajib tahu tentang DDC ini :) Sejujurnya, aku kagum pada Ibunya Ben, dia bekerja tanpa memperdulikan pandangan orang lain. Aku pikir itu sangat keren. Dan dia juga bangga dengan pekerjaannya di perpustakaan :’D 

Rasanya, aku ingin mencontoh sikap Ibunya Ben!

Leave a Reply

