Mata Kuliah Semester 1 (Satu) Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Hi! Hallo apa kabar?
Hehehe~
*jadi teringat saat saat menjadi pendamping kelompok*

Pada kesempatan kali ini, aku ingin berbagi tentang mata kuliah yang aku ambil pada semester satu ini.

Yah, jika kalian ingin tahu, aku ini sedang menjalani semester satu di jurusan Ilmu Perpustakaan FIKOM UNPAD :D

Perlu kalian baca dulu di postingan sebelumnya, tentang Ilmu Perpustakaan yang bersifat ekletiv, sehingga dia bisa ditempatkan di bawah macam macam fakultas.

Nah, jurusan Ilmu Perpustakaan yang aku ambil, berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi ^O^ Jadi, pastinya mata kuliah nya mungkin akan berbeda dengan jurusan Ilmu Perpustakaan yang berada di fakultas lain.

Contohnya, mata kuliah Ilmu Perpustakaan FIKOM UNPAD mungkin akan berbeda dengan mata kuliah Ilmu Perpustakaan FIB UI ^O^ Mungkin (dan mungkin) masing masing mempunyai konsentrasi tersendiri :)

Dan…. Langsung saja di cek di bawah ini ^^

Mata kuliah Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD
Tahun ajaran : 2013/2014 Ganjil

1. [Favorit] Komunikasi Interpersonal
2. [Favorit] Pengantar Ilmu Komunikasi
3. [Favorit] Pengantar Ilmu Informasi dan Perpustakaan
4. [Favorit] Pengantar Dokumentasi dan Kearsipan
5. Ilmu Alamiah Dasar
6. Agama
7. Bahasa Indonesia
8. Bahasa Inggris
9. Pendidikan Kewarganegaraan

Ada sebuah kebijakan yang sudah di atur, bahwa untuk semester 1 & 2, kita (para mahasiswa) belum di perbolehkan mengambil mata kuliah yang tidak di tentukan. Jadi pada semester 1 & 2, sks-nya sudah di paket. SKS-nya sudah di tentukan. Jumlah SKS pada semester satu ini berjumlah 21, dengan jumlah 9 mata kuliah ^O^
Barulah pada semester 3 nanti, kita bisa mengambil mata kuliah lain yang diinginkan :)

Feel free to ask ^^ Semoga bermanfaat ya guys ^^

***

UPDATE!! :)

Link : Mata Kuliah Semester 2 Jurusan Ilmu Perpustakaan

Link : Mata Kuliah Semester 3 Jurusan Ilmu Perpustakaan

62 thoughts on “Mata Kuliah Semester 1 (Satu) Jurusan Ilmu Perpustakaan.

    1. semacam IPA dasar teh -,- tapi untungnya ngga sampai ada hitung hitungan kayak matematika, fisika, kimia >.< hehehehe
      lebih ke teori aja teh :D

    1. kalau yang nomor satu, ini ada postingan tentang kominter, silahkan di baca aja ;;) >> http://wp.me/ptIEj-sK

      nah kalau yang no 4 (Pengantar Dokumentasi & Kearsipan) itu tentang dasar dasar dokumentasi dan proses pengarsipan. belum sampai ke prakteknya juga, jadi masih berupa teori aja :) ini jadi mata kuliah favorit saya, soalnya ada banyak hal hal baru yang saya temui lewat mata kuliah yang satu ini ^O^

      senang bisa membantu ^^

        1. pelajarannya ngga sulit, selama kamu punya passion buat masuk ke sini, tapi ngga di lihat dari passion juga, kalau pun kamu emang pengen masuk kesini, insya allah di mudahkan-lah sama Tuhan juga :)

          yeee~ ada yang mau masuk jurusan Ilmu Perpustakaan :D semoga di lancarin ya, aamiin

          kalau masih ada yang ditanyain, tanyain aja ^^ kalau masih bisa aku bantu, aku bantuin kok :)

    1. Allhamdulillah, bagus nih kamu masuk jurusan Ilmu Perpustakaan :D (y) tempatnya mah, dimana saja juga tidak apa-apa ^O^

      salam kenal juga ya ;;)

      ohya, kalau boleh tau, alasan kamu masuk jurusan Ilmu perpustakaan apa ya? :)

      1. Mungkin alasannya sama, kak. Sepele. Karena aku suka buku. Berada di tengah hamparan buku itu berasa di Surga. ^^

        Sering sering post tentang jurusan ini ya… InsyaAllah aku bakal baca. Biar makin bulet masuk di Information and Library Science ;)

        @vyselvia

        1. “Karena aku suka buku. Berada di tengah hamparan buku itu berasa di Surga.”
          wajib di bikin today’s quotes :3 setuuujuuuu bangeeeet :D #tosss
          oke siap nih! kalau ada yang baca, jadi semangat nulis :3
          kamu pengen tau apa aja dari jurusan ini? nanti aku cariin deh :))

  1. Banyak, kak!
    Intinya tentang gambaran jurusan Ilmu Perpustakaan, prospek ke depannya bagaimana, terus suka dukanya masuk di sini apa aja :))
    Oh iya, kenapa jurusan Ilmu Perpustakaan bisa masuk berbagai fakultas ya? Ilmu Komunikasi, iya. Ilmu Budaya, iya. Ilmu Sosial & Politik juga iya. Bedanya apa ya? :D

    1. duh maaf baru di bales lagi :( hehehe
      siaaap, request sudah di tampung ;;)
      ditunggu ya nanti artikel nya :3

      1. Post semua matakuliah ilmu perpustakaan unpad sampai semester 7 dong kan di paus id km pasti udh ada semua matkul sampe smstr 8. Aku ingin lebih tau, Makasih :)

    1. Hai qiaan ^^ Maaf banget balesnya telat :'(( maaf yaa…
      Awalnya aku juga berpendapat sama kayak kamu, “kayaknya jurusan ilmu perpustakaan ngga ada hitung-hitungannya deh”, tapi ternyata ngga seperti itu. Hitung-hitungan ada, pasti ada (soalnya buat nanti kita skripsi juga ^^) tapi porsinya ngga dominan seperti yang dimiliki jurusan kelompok IPA ;)

    1. halo ayu ^^ maaf baru bales yaaa >////<
      hmm… menurut pendapat aku, prospek ilmu perpustakaan itu menjanjikan. karena apa? karena jurusan ilmu perpustakaan adalah sebuah jurusan yang anti-mainstream :D tidak banyak yang memilih jurusan ilmu perpustakaan, namun lulusannya dibutuhkan di dunia kerja, dan selalu mudah diserap oleh lapangan kerja ^^ saran dari ayu tentang ilmu perpustakaan di UNDIP akan di pertimbangkan, tapi untuk saat ini, aku ingin memfokuskan dulu di ilmu perpustakaan yang ada di UNPAD ;))

        1. Halo ais. Aku sebisa mungkin berusaha menjawab pertanyaan kamu ya… Hehehe

          Insya Allah, setiap prodi punya prospek yang menjanjikan pastinya. tapi kan semua itu tergantung usaha dan niat kita juga ^^ aku pikir jurusan ilmu perpustakaan punya prospek yang bagus. salah satunya menjadi pustakawan; bisa untuk sekolah, universitas, atau perpustakaan khusus. dan coba deh, ada berapa banyak sekolah yang ada di Indonesia? Itu bisa menjadi salah satu peluang kerja untuk kita (menurut saya)

          tapi pastinya, pustakawan dibutuhkan BANGET di setiap sekolah-sekolah yang ada ^^

  2. kak, aku udah masuk ke jurusan ilmu perpustakaan~~~
    tapi aku mau nanya kalo ospek jurusan ilmu perpustakaan itu berapa lama? satu minggu?
    sebelumnya makasih yaaaa ^^

    1. halo shinjun! terima kasih karena sudah mengunjungi blog ini ya ;)

      maaf baru di bales. hehehe. aku seneng denger kamu masuk ke jurusan ilmu perpustakaan; ngomong-ngomong di universitas mana nih? hehe

      ospek jurusan ilmu perpustakaan lama nya tergantung kebijakan panitia nya sendiri. hehehe. kalau dikasih tau, nantinya ngga seru dong? ;)

  3. halo kak… aku mau nanya. kalo
    ospek jurusan ilmu perpustakaan dan fakultas komunikasi
    masing2 berapa hari? 3
    hari?
    makasih sebelumnya :)

    1. ini masih sama kayak shinjun yang sebelumnya ya? xD maafkan aku karena balesnya lelet sekali.

      keasyikan liburan, jadi yah… begitulah. maafkan.. hehe

      kalau ospek fakultas ilmu komunikasi, biasanya tiga hari, itupun di unpad.
      ngga tau kalau di universitas lain berapa lama.

      nah, kalau ospek jurusan ilmu perpustakaan, seperti yang tadi aku tulis sebelumnya, tergantung kebijakan panitia yang mengadakan osjur itu sendiri. takutnya tiap tahun beda-beda juga sih hehehe ^^

  4. Hai k,,aku jg kuliah di Fisik jurusan perpustakaan.. Mskipun keliatannya mudah n bnyak yg anggap sepele v pas di pelajari penuh pengetahuan-pengetahuan baru ya.. N ternyata blm tentu orang sprti guru/dokter dll bisa jd pustakawan n pustakawan bisa jg jd seorang guru/dll..

  5. Assalamualaikum, teh, mau nanya. Aku kan SMA nya jurusan bahasa, minat ke fikom unpad. kira” bisa masuk g? :3

    1. Hmm… Kalau saya sendiri tidak terlalu mengkhawatirkan prospek kerja kedepannya bagaimana, atau seperti apa, karena saya yakin kalau urusan pekerjaan sudah diatur oleh Tuhan :)
      Tapi, saya pikir, tidak usah khawatir karena prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan sangat luas ;) dan saya meyakini hal itu ^^

      sorry for the late reply >.<

    1. nidaaaa…. kenapa harus minder? :) aku juga pada awalnya minder, pesimis juga.
      Apalagi waktu itu aku harus berjuang lewat jalur SBMPTN :”) Aku milihnya dulu itu SBMPTN IPC, dan allhamdulillah, bisa tembus juga ^^
      Insya Allah bisa, kalau nida benerbener pengen kesana, dan nida juga berusaha!!
      pasti bisa!! :D

      1. wktu sma kakak kan ipa?pakah kakak bimbel atau belajar sendiri?kok bisa sih ambil jurusan imu perpustakaan?aku juga ingin masuk ilmu perpustakaan tapi sekarang aku di jurusan ipa,aku bingung bagaimana caranya

        1. Iya. Saya di SMA jurusannya IPA, hehehehe. Hmm… Mungkin karena saya sudah menilai sejauh mana kemampuan saya sebelumnya; saya bener-bener gagal paham buat mata pelajaran yang ada hitung-hitungannya. Dan saya memutuskan, pokoknya nanti kuliah saya ngga akan ambil jurusan IPA, maunya IPS. Berangkat dr situ, lumayan bisa memfokuskan tujuan. Nah selanjutnya, saya juga sama, galau gitu mau kemana, tapi Allhamdulillah saya dapet inspirasi dan katakanlah saya menemukan jurusan yang bakalan saya suka bgt, dan jreng jreng… Ketemu lah saya dg jurusan ilmu perpustakaan. Kesananya sih dengan doa dan usaha, itu yang saya rasain sejauh ini :) Waktu itu ngga tembus lewat undangan, berarti saya harus kerja keras lewat jalur tulis ^^

          Semoga membantu ya :’))

    1. Waktu itu saya angkatan 2013, dan ngga ada pengaruhnya kok.
      Waktu itu juga, saya tembus ke jurusan ilmu perpustakaan ini lewat Jalur SBMPTN IPC hihi.
      Dan saya juga berasal dari jurusan IPA pas SMAnya >…<

  6. Halo kak… Salam kenal 8) ,kak bs gg jurusan IP ini menghantarkan ke lembaga pemeriksaa buku gitu… Ato team pustakawan? Sebelumnya terim kasih kak *_-

    1. halo!! Kalau untuk prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan, sebenarnya sangat luas, dan itu menurutku sangat memungkinkan sekali untuk bekerja di salah satu lembaga pemeriksa buku, atau tim pustakawan seperti yang kamu maksud tadi :)

      sorry for the late reply >.<

  7. Say. Bagi info persyrtan yg hrus dilengkapi dong buat msuk jurusan ini.
    And kapan yach pendaftarannya.

  8. Kalo bisa invite aku yah. 536D5479 byk yg mau ku tanyain.
    Ku dari kalsel say.
    Tertarik mo kuliah jurusan ini.

    1. Waaaah. Selamat ya :) Selamat bergabung menjadi keluarga ilmu perpustakaan di…. Kamu keterima di mana? Hehehe

      Setiap orang biayanya bisa berbeda-beda :)

  9. Ka boleh minta kontaknya . masih galau mau ambil prodi apa tapi kayanya aku tertarik masuk ip unpad

  10. hai kak! salam kenal, panggil aku Rien y! ^^
    aku baru aja liat postingan kk.. dan itu menarik sekali, apalagi buat yg bingung mau milih jurusan atau yg udah di jurus IP.. sebenar.a aku jga bukan di jrsn ini, tapi aku tengah penasaran aja sampe nyasar disini. kebetulan aku anak B.Indonesia :)
    hm, aku disini mau tny? bolehkan, kk? hm, karena sblm.a aku uda skalian baca review kk dan menangkap cerita kalo kk anak IPA tpi ke IP. apa itu artinya jurusan IP ini utk IPS y kak? mohon pnjlsn.a y kk.. aku belum begitu mengerti tntg IP yg membuatku penasaran ini, hehehe.. xD

    1. Hai hai hai Rien! Maaf ya baru kubalas *kuliah lagi sibuk observasi wkwkwkwk*
      Sebelumnya, makasih lho sudah mau baca postingan sederhana ini :”) Terharu deh… Hehehehe. Mudah-mudahan bisa memberikan sedikit manfaat dan inspirasi buat kamu ya ^^

      Setahu aku sih, jurusan Ilmu Perpustakaan memang ada di ranah ilmu sosial gitu deh. IPS jadinya. Kan kalau di SMA nya ngambil jurusan IPA, kan jelas tuh kalau mau kuliah, jurusan-jurusan yang SAINTEK nya itu. ^^ Dan ya, aku pas SMA ngambil jurusan IPA, tapi passion aku adanya di ranah IPS ^^

      Mudah-mudahan bisa membantu ya! Kalau ada lagi yang ingin ditanyakan, silahkan! :D

  11. haai aku boleh minta contact line kamu atau nomor handphone?
    aku jurusan desain interior dan sedang tugas akhir menangani proyek perpustakaan. kalau boleh aku mau nanya nanya tentang perpustakaan

  12. Hai kakak, setelah baca review dari kakak tentang IP aku jd tertarik sama jurusan ini , skrng aku kls 2 SMA aku tertarik sama jurusan ini tapi aku masih ragu, kalo dari jurusan ips bisa masuk gk kak? Trs gmn untuk prospek kerjanya? Terimakasih salam kenal :)

    1. Halo, Atik! Salam kenal jugaa ya. Seneng postingan ini sedikit banyaknya bisa membantu kamu ^^ Jurusan Ilmu Perpustakaan itu emang dasarnya buat anak IPS koook, makanya In shaa Allah peluang kamu buat masuk lebih besar daripada anak IPA yang ingin masuk ke jurusan ini ^^ Untuk prospek kerjanya sendiri, jangan khawatir. Luas banget! Bisa kerja di museum, penerbit, bagian dokumentasi, perpustakaan sekolah atau universitas, penulis, dan masih banyak lagi :)

Leave a Reply

