Aku dan Alasan, Mengapa Memilih “Ilmu Informasi dan Perpustakaan”

Image

As you know from my last post, i am student in library and information science :D

Aku menjadi salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan (departemen ilmu informasi dan perpustakaan) di fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, angkatan 2013.

Mengambil jurusan ini, adalah sebuah keinginan pribadi. Aku memang ingin masuk ke jurusan ini. Aku sudah memantapkan hati ingin masuk ke jurusan ini sejak persiapan untuk jalur undangan. Bahkan ketika aku tidak diterima di ilmu perpustakaan universitas ‘jaket kuning’ melalui jalur undangan, aku tetap memilih jurusan ilmu perpustakaan di unpad pada jalur SBMPTN yang aku ambil ;;)

Kenapa aku memilih jurusan ini?

Alasannya sangat sederhana saja. Mungkin ini aneh, tapi aku mengatakan sebuah kejujuran disini :D

Image

Aku sangat menyukai buku. Aku sangat suka buku. Dan aku menyukai buku, karena aku senang membaca.

Aku punya suatu ketertarikan terhadap buku. Aku menjelaskannya secara sederhana saja; bersama buku membuatku merasa nyaman. Bersama dengan buku, membuatku menikmati hidup yang diberi dan menikmati waktu antara diriku dan buku, dan cerita yang di bawakan oleh buku itu sendiri :D

Ketika aku harus memilih jurusan apa yang akan aku ambil ketika nanti aku berkuliah, aku memutuskan untuk masuk ke jurusan ilmu perpustakaan. Tanpa ragu lagi, aku ingin memilih Ilmu Perpustakaan.

Kenapa?

Karena aku berpikir, dengan masuk ke jurusan Ilmu Perpustakaan, aku bisa bertemu dengan banyak buku. Aku bisa menghabiskan sebagian besar waktuku untuk bersama dengan buku, buku yang sangat aku sukai. Karena aku juga meyakini, aku bisa bekerja secara maksimal untuk sesuatu yang sangat aku sukai.

Karena itulah, aku masuk ke jurusan Ilmu Perpustakaan ;;)

Dan kalian tahu, Allah mendengar permintaanku :D

Karena saat ini, aku berhasil masuk ke prodi (program studi) Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan di UNPAD, melalui jalur tulis (SBMPTN)

Rasanya sangat senaaaaang sekali bisa masuk ke jurusan yang memang benar benar di inginkan. Aku ingin bisa berkontribusi lebih banyak untuk jurusan Ilmu Perpustakaan ini =))

Aku tidak sabar ^O^

Inilah sedikit cerita yang bisa aku bawakan saat ini. Aku harap kalian menemukan alasan masing masing ketika hendak memilih suatu jurusan / prodi nanti ;;) Tidak apa jika alasan itu terlihat sepele, atau konyol dan sebagainya. Namun yang pasti, jika memang itu datang dari dalam hati kalian….. Kalian pantas untuk memperjuangkannya ;;)

Ganbatte Kudasai~ :3

p.s : jika ada yang mau di tanyakan… silahkan langsung komentar di bawah saja ya ;;) insya allah dengan segenap hati, aku akan membantu kalian semampuku ^^

atau kalau mau, kirim saja email ke lightforafecto@gmail.com :D pasti akan saya baca, dan insya allah saya balas juga.

senang bisa membantu teman teman semua :D

34 thoughts on “Aku dan Alasan, Mengapa Memilih “Ilmu Informasi dan Perpustakaan”

    1. iya :D soalnya udah sesuai dengan apa yang diinginkan, jadinya semangat :D
      terima kasih sudah berkunjung ya~ :D

  1. menarik. .
    mengakhiri sebuah keputusan melalui hati tidak melalui sebuah pikiran ataupun orang lain

    tp,kirain aku.. itu karna “tidak mengetahui siapa aku sebenarnya. .”
    ato
    bisa juga dengan adanya buku,membuat kesepianmu hilang

    mungkin itu hanya prasaanku saja. .

    namun yang jelas,ada ketukan.. yang membuat dirimu seperti ini
    dan hal tersebut menurutku itu masih dirahasiakan :D

    1. mungkin…. mungkin juga sebenarnya, aku menyukai buku karena rasa kesepian. entahlah :)

      tapi apa yang kamu katakan adalah benar :)

      terima kasih sudah berkomentar dan membaca tulisan saya :)

  2. “Aku sangat menyukai buku. Aku sangat suka buku. Dan aku menyukai buku, karena aku senang membaca.”

    –> alasan yang sama pas aku ambil jurusan ini… :))

  3. Niat dan kemauan yg teguh menjelma nyata….kak ?, apakah prodi ip di unpad bisa daftar bidikmisi ?salam kenal kak..trims

    1. Maaf ya baru di bales dek, hehehehe. Saya baru buka lagi blognya hari ini. Iya, allhamdulilllah. Niat dan tekad saya membuahkan hasil. Tentunya dg ridho dr Allah dan restu dr orang tua juga hehehe. Bisa kok dek :)

    1. Ngga selalu dengan buku :) Yang jelas, ilmu perpustakaan itu fleksibel dan mengikuti perkembangan zaman. Karena sekarang zamannya teknologi digital, maka kita lebih banyak berkecimpung di data berbentuk digital pula :) Kita belajar teknologi juga di sini :D

  4. jika ingin masuk jurusan ini,tapi ilmu mengenai yang berkutat pada komputer ga terlalu bisaa, apakah masih ada peluang tuk melanjutkan memilih jurusan iniii?

    1. Sayang sekali, kayaknya aku harus manggil kamu ‘anon’ ya :(

      tentu saja! selalu ada peluang bagi orang yang mau berusaha. asalkan kamu mau terus belajar dan belajar ^^ aku juga sama, untuk masalah komputer, aku juga kurang jago. tapi namanya juga belajar kan? nantinya kita akan di ajari, kalau ada yang kurang ngerti kita bisa bertanya dan meminta bantuan ^^ semangat semangat!!

  5. hallo ka, mau tanya nih untuk masuk fakultas ilmu komunikasinya sendiri susah ga? berapa peminatnya waktu jamanan kaka? trims

    1. Halo tiara wulandari ^^ Maafkan atas keterlambatan ini :'((
      Sebelum lihat ke fakultas ilmu komunikasinya itu sendiri, tiara sendiri mau memilih prodi apa? :) nah, setelah kamu memilih mau masuk ke prodi (program studi) mana di fakultas ilmu komunikasi, baru aku bisa memberikan pertimbangan susah atau tidaknya masuk ke prodi itu ^^ tapi ini trivia aja, fakultas ilmu komunikasi di UNPAD itu salah satu fakultas yang diminati lho ^^ (baca : populer)

  6. Doakan aku yah ka, semoga aku keterima diUI jurusan ilmu perpustakaan ;) ingin rasanya aku bertemu dengan buku2 dan berteman baik dengan buku2 yang aku sukaaaaa~boleh minta username twitter or ask.fm or line ?

    1. hallo dian rizky! :D maaf banget ya baru bales :'((
      aamiin. dimanapun kamu mengambil jurusan ilmu perpustakaan, mudah2an kita bisa banyak berkontribusi di tempat itu ^^ kalau kamu keterima, kabar kabarin ya ^O% kalau kamu masuk ke jurusan ilmu perpustakaan, (apalagi UI) kamu pasti lebih sering deh ketemu sama buku, apalagi perpustakaan yang penuuuuuuuh sama buku >////< *ngebayanginnya sudah ngiler*
      ohya, boleh-boleh ^^
      twitter : @uruuchan
      http://ask.fm/LightForLibrary
      ini kalau kamu ingin chat lewat line ;) [id line : runa.hikari]

  7. haiii kak.. inspriratif bgtt postingannya. kebetulan aku pgeeen msuk jurusan ini. dan basicnya aku sm kyak kakak. suka buku. feelnya sm bgtt hehe. tp aku dri ipa kak. jdi hrs ipc, setelah baca ini jd lebih seger wawasanku. tengsss kak :) btw.. ud semester brapa kak

    1. halo ajeng! :D sebelumnya makasih banyak udah baca postingan ini, dan maaf karena telat banget balesannya :'(
      makasih ya, seneng banget dengernya kalau kamu dapet ‘sesuatu’ dari postingan ini, mudah2an bermanfaat yaa hehehehe. semoga bisa bergabung di jurusan ilmu perpustakaan yaa, aku mendoakan yang terbaik untuk kamu ^^
      aku lagi menjalani akhir semester 2 :D mau masuk ke semester 3… yeee :D

    1. Maaf untuk balasan yang super telat ini >.<
      Hehehe, ngga lah, diah :) "hobi membaca buku" sekedar motivasi pribadi saya untuk masuk ke jurusan ilmu perpustakaan. mungkin di luar sana ada banyak orang yang punya motivasi lain untuk masuk ke jurusan ini selain motivasi "hobi baca buku" Siapapun bisa masuk ke jurusan ini kok. Kita semua kan sedang dalam proses belajar ^^

  8. halo.. salam kenal saya supiyatna,,, skarang lagi di jurusan ilmu perpustakaan Universitas Diponegoro.. aku juga skarang baru semester 2,, makasih fostingannya cukup menginspirasi bagiku karena aku masih tidak bersyuku dan belum menimati dengan jurusan yang aku ambil skarang,, bisa sharing yah..??

  9. postingannya menginspirasi.. salam kenal supriyatna ilmu perpustakaan undip 2013.. bisa sharing kan..?? soalnya aku belum terlalu bangga dengan jurusan ku yang skarang,, hehehe

    1. halo! maaf untuk balasan yang sangat telat ini ><
      allhamdulillah, kalau postingan saya menginspirasi hehehe…

      boleh banget sharing ^^ bisa cerita-cerita juga soal ilmu perpustakaan di undip seperti apa :)

  10. Kak dulu SMA nya jurusan apa ya ? Yg bisa ambil jalur SNMPTN untuk prodi ilmu perpustakaan itu jurusan IPA atau IPS ? :)

    1. Dulu saya di SMA ambil jurusan IPA
      Saya ngga tembus ke jurusan ilmu perpustakaan lewat jalur undangan, tapi lewat jalur tulis SBMPTN yang IPC.
      Setahu saya sih, mau IPA atau IPS boleh coba kok. Itu waktu pas tahun saya, 2013. Ngga tau kalau tahun yang sekarang kayak gimana. hehehe.

      sorry for the late reply >.<

  11. ka dulu waktu ikutan snmptn di UNPAD nilai rata2 kakak berapa? Terus nilai mata pelajaran penunjang jurusan ilmu perpustakaan kayak TIK atau akutansi berapa? apa kedua nya harus tinggi??
    Di tunggu ya kak jawabannya, makasih .. Salam Kenal :)

    1. Allhamdulillah sih, rata-rata saya mencukupi (bisa dibilang sangat mencukupi) terutama untuk mata pelajaran IPS yang waktu itu ada pas saya kelas X SMA. Soalnya kesananya kelas XI dan XII saya ambil jurusan IPA di SMA. Hehehehe.

      Saya kurang begitu tahu soal itu, tapi kalo kita pengen kuliah di yang jurusan IPS, mungkin nanti yang di lihatnya nilai-nilai mata pelajaran IPS juga? Mungkin yang membaca komentar saya yang ini, bisa klasrifikasi; apakah betul atau tidak :)

      Sayangnya, walaupun sudah menyiapkan stratergi dan perhitungan agar tembus lewat jalur undangan, pada akhirnya saya ngga masuk lewat jalur undangan, tapi lewat jalur tulis :)

  12. Ka Alhamdullilah, pengumuman snmptn kemarin saya keterima di jurusan ilmu perpustakaan di unpad ..
    maaf ya kak,Kalau di izinin, boleh gk saya minta no hp k2, soal’a saya pgn tahu lagi seputar jurusan itu di unpad & orng2 yg ada di jurusan itu terutama k2 senior serta dosen pengajar’a .. Tolong yaa ka soal’a dari sekolahan, saya hanya saya yg ke terima di unpad thn ini lwt snmptn , jdi saat ini saya benar2 sangat butuh byk informasi .. Terima kasih :)

    1. Coba kamu hubungi saya dulu lewat line (id line : runa.hikari) atau lewat twitter di @uruuchan :) Ngomong-ngomong selamaaaaaat yaaaaaaa :D Bakalan ketemu nih :D Selamat menjadi adik kelasku :’)

  13. halo halo ka,, ini postingan lama ya kak..

    seneng nbacanya kak,, kaka bisa masuk ke jurusan yang kaka inginkan, passion kaka pun disini..

    tapi aku langsung sedih juga ka, karena aku gabisa kayak kaka, aku masuk di jurusan yang ternyata bukan passion aku..

    btw, passion aku juga membaca ka,,

    salam kenal ka :D
    aku anak unpad juga, 2014.

    1. Lumayan lama juga ya, Qi. Tahun 2013, dua tahun yang lalu…

      Walaupun memang passion, tapi kayaknya sejauh ini belum memberikan kontribusi yang berarti untuk jurusan Ilmu Perpustakaan yang aku ambil. Mudah-mudahan nanti bisa memberikan sesuatu yang bisa membanggakan buat jurusan ini. Aamiin.

      Yaaaa, aku tau buku yang seneng kamu baca : Filsafat. Dan fakultas yang kamu ambil; matematika :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s