Kita bukanlah seseorang yang ‘BIASA SAJA’ !

ini tentang diriku sendiri

aku pernah berpikir tentang diriku ini.

aku merasa, bahwa aku ini seseorang yang “biasa saja”. kalian pasti tahu, yang namanya ‘biasa saja’ seperti apa kan?

ya, aku merasa aku ini biasa saja.
aku merasa, aku tidak cantik, aku tidak memiliki sesuatu untuk aku unggulkan, aku juga merasa tidak terlalu pintar, apalagi cerdas. aku bukan primadona di kelas, apalagi di sekolah, yang menyukaiku pun hanya sedikit. (tidak sebanyak temanku yang satu nya lagi) lalu, aku juga merasa tidak punya sesuatu yang menonjol dalam diriku, entahlah, kalian boleh menyebutnya sebagai ‘bakat’. dan aku merasa aku tidak memiliki hal hal seperti itu.

ya, aku pernah memikirkan hal seperti itu, rasanya itu memang benar. aku memang biasa saja. sangaaaat biasa..

namun, akhirnya aku menyadari sesuatu hal yang mengubah pandanganku tentang hal itu. sesuatu yang membuatku tersadar akan sesuatu..

bukan kita yang menilai tentang siapa diri kita, kelebihan yang kita miliki, kekurangan yang kita punya, atau segalanya tentang diri kita, bukan kita..

yang pantas menilai tentang diri kita sendiri adalah orang lain, karena orang lain mampu melihat banyak sisi lain dari kita. orang lain menyadari hal hal kecil dari kita, yang luput dari perhatian kita. yang menyadari hal itu, adalah orang lain.

orang lain itu, bisa sahabat kita sendiri, orangtua kita, bahkan guru kita sendiri di sekolah.

sekarang aku menyadari, bahwa aku punya sifat kurang sabar, dan egois. hal itu aku ketahui dari kedua orangtuaku dan sahabatku di smp dulu. mereka yang sadar bahwa aku memiliki sifat itu.. kalau bukan mereka yang memberitahu ku, mungkin aku takkan pernah tahu bahwa aku memiliki kedua sifat itu. karena sebelumnya, aku tidak pernah menyadarinya, dan merekalah yang ternyata menyadari sifat yang ada dalam diriku.

mengenai kelebihanku..
seperti yang tadi aku katakan, bahwa aku merasa seseorang yang biasa saja. tidak memiliki sesuatu yang aneh ataupun luar biasa, ataupun sesuatu yang bisa di banggakan. yah, aku merasa bahwa aku tidak memilikinya.

namun, seseorang telah menyadarkan aku. bahwa aku memiliki kelebihan atau bisa di bilang ‘bakat’. seseorang itu menemukan dalam diriku, bahwa aku memiliki sesuatu yang tidak semua orang memilikinya. seseorang itu menemukan suatu kelebihan dalam diriku.

kalian tahu siapa itu? seseorang itu adalah guruku sendiri dan kedua orangtuaku.

mereka berkata padaku, bahwa aku memiliki bakat dalam humaniora dan dunia tulis menulis.

entahlah, apa itu benar atau tidak, namun rasanya sedikit aneh dalam telingaku. apa benar aku memiliki bakat seperti itu? apakah iya?

namun, aku berusaha mempercayai apa yang mereka katakan padaku, karena tak mungkin seorang guru dan orang tua sendiri berbohong kepada anaknya. iya kan? mereka tentulah selalu mengharap yang terbaik untuk anaknya bukan? maka dari itu, aku sangat berterima kasih kepada guruku dan kedua orangtuaku, yang telah menemukan sesuatu yang bisa aku banggakan, dan membuktikan bahwa aku juga memiliki kelebihan untuk di tonjolkan. aku akan berusaha mempercayai apa yang mereka katakan kepadaku.

ya, orang lain lah yang menilai siapa diri kita yang sebenarnya. bercerminlah kepada mereka. mereka akan menilai dirimu dengan tulus, karena mereka berpikir tulus tentang siapa kita sebenarnya, mereka menyayangi kita, sehingga mereka bisa melihat ‘siapa kita yang sebenarnya’.

aku sangat berterima kasih kepada semua orang lain yang ada di sekelilingku, yang telah menilaiku dengan setulus hati, sehingga aku mengetahui siapa diriku, kekurangan dan kelebihan diriku. semua itu mungkin takkan bisa aku sadari kalau tidak ada orang yang memberitahukannya kepadaku.
semua ini berkat mereka. :)

merekalah yang mengubah pandanganku, bahwa sebenarnya aku bukan seseorang yang biasa biasa saja. aku ini, punya kelebihan dan kekurangan, aku juga punya beragam macam sifat sifat dalam diriku ini.

– – –

jadi, jika kalian masih berpikir bahwa kalian ini adalah ‘seseorang yang biasa biasa saja’, sebaiknya kalian segera tanyakan kepada orang orang terdekat kalian, mengenai siapa kalian, kekurangan kalian, kelebihan kalian, semuanya tentang kalian. kalian jangan marah ataupun kaget dengan jawaban yang telah mereka berikan kepada kita, itulah penilaian terbaik mereka terhadap kita, mereka menilai itu dengan tulus, tidak mungkin mereka membohongi kita, mereka memberikan jawaban itu karena mereka memikirkan kita dengan sungguh sungguh. :)

kalian semua bukanlah seseorang yang biasa saja, kalian semua adalah seseorang yang unik! ^^
kalian pasti memiliki bakat di bidang sesuatu, kalian juga memiliki kekurangan, namun kekurangan itu bisa di tutupi dengan kelebihan yang kita miliki.

siapkah kalian mempercayai diri kalian sendiri, bahwa kalian bukanlah seseorang yang biasa biasa saja? :) (nunuiichan)

Leave a Reply

