Inspiring Story : Tombol tombol Ajaib dalam Hati Kita.

selamat malam teman teman semua. bagaimana kabar kalian semua?
semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat ya.. Amieen. :)

tiba tiba, aku mendapatkan suatu inspirasi untuk menulis kembali, karena takut lupa, makanya aku segera menuliskannya. :)

begini, aku punya guru biologi perempuan di sekolah yang mengajar di kelasku.
hmm, aku ingin sekali memberitahukan namanya kepada kalian semua, namun hari ini bukan hari yang tepat untuk memberitahukan kalian tentang nama beliau. :)

aku sungguh sangat menyukai beliau. karena cara mengajarnya yang menyenangkan, juga efektif. yang paling aku sukai dari beliau adalah, terkadang saat di tengah pelajaran, beliau selalu berbagi pengalaman sehari hari nya kepada aku dan teman teman. pengalaman pengalaman yang beliau ceritakan itu, selalu penuh dengan motivasi dan pencerahan. selalu ada kata mutiara di dalamnya. aku sungguh sangat menyukai ketika beliau sudah bercerita. :) aku bisa mengambil sesuatu yang insya Allah bermanfaat dari cerita yang beliau tuturkan.

ada satu ceritanya yang sampai saat ini terus ku ingat, dan menjadi sumber penyokong kekuatanku. menurutku, itu amat sangat berkesan sekali.. dan aku merasa bahwa apa yang di katakan oleh beliau adalah benar.

suatu hari, beliau bercerita kepada aku dan teman teman saat di tengah tengah pelajaran. ibu berkata, bahwa dirinya adalah tipe seseorang yang manja. kadang kadang, suka sedikit egois. dan suaminya mengetahui bahwa dirinya adalah seseorang yang manja.

kadang kadang, dirinya selalu mengeluh atas pekerjaan, atau apapun itu kepada suaminya. dan dirinya selalu minta motivasi dari suaminya agar dirinya bisa mendapatkan kembali ‘semangat’, atau merasa ‘tercerahkan’ kembali. dirinya selalu meminta motivasi, atau sebut saja kata kata pencerahan supaya tidak mengeluh lagi.

suaminya keheranan, dia berkata, “lho, kenapa harus meminta motivasi dari saya? kamu punya banyak ‘tombol’ dalam hati kamu. dan yang bisa mengaktifkannya hanya kamu. kamu bisa mengaktifkannya kapanpun kamu mau. kamu yang menghendaki hatimu. kamu bisa memilih tombol ‘semangat’ dalam hatimu, atau kamu juga bisa memilih tombol ‘mengeluh’ dalam hati kamu. kamu yang mengaturnya, itu artinya kamu yang memotivasi dirimu sendiri melalui aktivasi tombol di hati kamu”

yah seperti begitulah yang di ceritakan oleh beliau kepadaku dan teman teman.
dan aku merasa terhenyak.

aku pikir, apa yang di ceritakan oleh beliau atau lebih tepatnya yang dikatakan oleh suami beliau, adalah benar.
aku benar benar merasa hening ketika mendengar perkataan itu..

itu memang benar, kitalah yang mengendalikan suasana hati kita. kita punya banyak tombol dalam hati kita, yang bisa kita aktifkan kapanpun yang kita mau. ketika kita merasa mengeluh, artinya kita sedang mengaktifkan tombol
‘mengeluh’ dalam hati kita. semua itu, tidak lain kitalah yang menghendaki,

kita mengijinkan hati kita untuk mengaktifkan tombol ‘mengeluh’ tsb. dan kita bisa mengaktifkan tombol ‘semangat’ dalam hati kita, karena kita lah yang menghendaki hati kita sendiri. semuanya berawal dari hati.. dan yang bisa mengatur hati dan suasana hati, adalah dari diri kita sendiri atas ijin dari Allah SWT.

karena cerita dari beliau tersebut, perlahan perlahan aku bisa memperbaiki sedikit kekurangan yang aku miliki.
ketika aku merasa malas, malas melakukan apapun, aku langsung ingat, bahwa saat itu aku sedang mengaktifkan tombol ‘malas’ dalam hatiku. dan yang bisa menghentikan ‘kemalasan’ ku ini, bukanlah suatu rangsangan dari luar. bukan. yang bisa menghentikannya adalah diriku sendiri, karena aku bisa mengaktifkan tombol ‘semangat’ kapanpun yang aku mau. aku yang mengatur suasana hatiku, aku yang menghendaki hatiku. karena itulah, malas bisa segera sirna dalam diriku karena aku segera mengaktifkan tombol ‘semangat’ dalam hatiku.

aku bisa melakukannya, kaupun bisa melakukannya. :)

cobalah untuk mengingat, bahwa di dalam hati kita, menyimpan banyak tombol perasaan yang bisa aktif baik di sadari ataupun tidak kita sadari. dan pengaturan tombol itu, ada pada diri kita sendiri. cobalah untuk bisa mengatur suasana hati kita sendiri. :)

(by : nunuiichan)
26 mei 2012

Leave a Reply

