Pentingnya Sarapan di Pagi Hari.

selamat malam. ^^

besok kalian semua akan memulai rutinitas kalian lagi ya?

kuharap kalian semua mengawalinya dengan penuh harapan dan semangat.
dan jangan lupa satu hal yang terpenting untuk mengawali satu hari yang akan di jalani adalah….

“Sarapan”

tepat sekali. ^^

lalu kenapa tiba tiba aku ingin mengungkap tentang ‘sarapan’?
rupanya, sarapan itu sangat penting sekali untuk mengawali rutinitas harian kita, apalagi buat teman teman semua yang masih bersekolah (termasuk aku), sarapan itu adalah sesuatu yang ‘wajib’. hehehe.

oke, lets check this out!

– – –

hari ini, aku membaca sebuah buku. buku itu membahas salah satunya tentang pentingnya sarapan di pagi hari untuk mengawali rutinitas harian kita.

tentunya, sebelum aku mengetahui pentingnya sarapan itu, aku selalu menyepelekan yang namanya “sarapan”. san aku merasa, sarapan itu adalah sesuatu yang sangat ribet.
aku pikir, lebih baik membeli jajanan yang ada di sekolah, seperti gorengan yang masih hangat pas pagi hari. *hmmmm~ yummy

dan setelah aku mengetahui betapa pentingnya sarapan, aku tarik kembali semua ucapanku.

dan kalian harus tahu, bahwa “Sarapan itu sangat penting” *hingga aku tak mau menyepelekannya lagi, dan menganggapnya sebagai sesuatu yang ‘tidak penting’.

begini lho teman teman, sarapan itu di pagi hari penting, karena saat pagi hari stelah kita bangun tidur, otak kita itu masih ‘tidur’ dalam jangka 2-3 jam. nah karena itu, kita butuh asupan nutrisi kedalam otak kita supaya otak kita dapat terbangun, nah itu dengan cara ‘sarapan’.

Dalam hal ini elemen glukosa sangat penting, karena dibutuhkan dalam aktivitas otak. jadi, kalau kita melewatkan sarapan, otak kita ngga akan bisa berjalan dengan lancar, alias ‘masih tidur’. kalau otak kita ngga berjalan dengan lancar, itu artinya saat kita menyimak pelajaran di kelas pun tidak akan berlangsung dengan baik.

setidaknya itu lah yang aku tangkap dari buku yang aku baca tadi itu. ^^

terus ini ada kutipan dari buku tsb, yang menurutku sangat penting sekali,

“Energi yang di butuhkan oleh otak manusia untuk beraktifitas rata rata 400 kalori per hari. namun bagi mereka yang banyak menggunakan otak untuk berpikir seperti pelajar, membutuhkan konsumsi energi lebih besar. karbohidrat sebagai kandungan utama nasi, harus di ubah oelh glukosa agar bisa diserap oleh sistem pencernaan tubuh. nah, glukosa inilah yang harus tercukupi kebutuhannya untuk meningkatkan fungsi otak. meski demikian, sarapan berlebihan malah mengakibatkan energi habis terpakai untuk mencerna makanan di dalam pencernaan. untuk itu, sebaiknya sarapan dengan porsi yang cukup secara teratur”
(sumber : buku ‘smart study for smart teen’)

jadi, sarapan berlebihan juga ngga baik teman teman, yang baik itu sarapan secukupnya ternyata.. ^^ jadi bagaimana menurut teman teman, setelah membaca kutipan di ata? masihkah teman teman menganggap sarapan itu ‘ngga penting’ ? :)

– – –

yap, mengapa tiba tiba, aku ingin menuliskan tentang ‘sarapan’?

yah, kadang beberapa di antara teman teman (termasuk aku) sering kali meremehkan sarapan di pagi hari. mungkin kadang juga kita berusaha menolak untuk sarapan, padahal kita semua sama sekali belum tahu bagaimana pentingnya sarapan.

sarapan itu sangat menunjang untuk memulai rutinitas harian kita.. aku sadari akan hal itu. sarapan itu seperti energi bagi kita untuk ‘bergerak’ menjalani rutinitas kita. kalau kita ngga ada energi, kita sama sekali tidak akan bisa bergerak bukan?

nah, aku berharap dengan adanya teman teman semua membaca tulisan ini, jadi semakin menyadari atau tahu, betapa pentingnya sarapan, sehingga kita semua tak boleh melewatkannya. usahakan, bangun pagi tiap harinya, agar kita semua sempat untuk mendapatkan sarapan kita masing masing. ^^

ngga akan rugi kok jika kalian mendapatkan sarapan kalian masing masing,
malah kalian akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti ini :

kalian akan lebih bersemangat menjalani hari, kalian akan berkonsentrasi saat menyimak pelajaran, kalian lebih berenergi, dan masih banyak lagi. banyak kan?

jadi, apakah kalian masih berpikir dua kali untuk sarapan di pagi hari?

kuharap ngga. :)
ayooo~ mulai lah hari dengan sarapan! ^^

– – –

n.b: kalau ngga sarapan, minimal kalian dapat mengkonsumsi telur dan susu, soalnya kandungan protein dalam susu dan telur, cukup untuk menstimulasi otak untuk bekerja dengan baik.

ayo teman teman, sempatkanlah untuk sarapan di pagi hari, kalian pasti bisa! ^^

(salam nunuiichan)

Leave a Reply

