Arti sebuah Senyuman.

Senyum.

Aku lihat semua orang tersenyum padanya. Tapi, aku tak tahu apa yang dipikirkannya ketika dia juga membalas semua senyuman yang di beri untuknya.

Aku bertanya padanya, ‘kenapa kamu harus membalas semua senyuman itu? Padahal, kamu sendiri tidak tahu senyuman apa yang di beri untukmu’ saat itu, aku pikir itu adalah pertanyaan terbaik yang pernah aku ajukan padanya.

Tapi sebelum dia membalasnya, dia sudah tersenyum lg padaku, saat dia tersenyum padaku, aku pikir waktu saat itu berhenti. Saat dia tersenyum, aku merasa aku diterima, aku dimaafkan, dan aku merasa bahwa dia mengganggap aku ada.

Dia menjawab,
‘entahlah, aku tak pernah memikirkannya. Aku tak tahu, arti dari senyuman yang mereka berikan padaku, mungkin senyum kebencian? Ataupun senyum iri? Aku tak tahu, tapi aku tidak memikirkannya. Aku hanya ingin tersenyum saja pada mereka. Aku pikir tidak ada salahnya, karena menurutku sebuah senyuman adalah tanda kebahagiaan. Bahkan dengan adanya senyuman, penderitaan bisa berkurang. Juga senyuman itu mendamaikan. Apa susahnya tersenyum? Itu akan membuat orang bahagia, sekaligus sedekah bagi orang lain‘ seperti itu katanya.

Setelah dia berkata seperti itu, dia tersenyum kembali. Wajahnya berseri, penuh kedamaian, tak terlihat segurat penderitaan yang nampak di wajahnya.

Saat itu juga aku berpikir, aku ingin jadi seperti itu! Aku ingin memberi sebuah senyuman, pada oranglain, juga pada dunia. Berharap bahwa dengan senyuman, dunia ada pada kedamaian.

Aku tak peduli bagaimana oranglain memandangku seperti apa, memberiku sebuah senyuman yang tak kuketahui artinya. Tapi, aku tak perlu memikirkannya lagi.

Dia berkata lagi,

‘senyum disaat kita dalam penderitaan, akan memberi kita suatu kekuatan’, aku mengangguk. Suatu hari nanti, aku ingin ada orang yang senantiasa tersenyum padaku, agar aku memiliki alasan untuk tetap hidup. Melihat senyuman, itulah alasan kenapa aku tetap hidup.

# ‘aku’ adalah seorang teman yang kudapatkan di dalam mimpi. ‘dia’ adalah temannya ‘aku’ dalam mimpi yang kulihat saat aku terpuruk dalam kesendirian.

– – –

n.b : ini adalah catatan yang kutemukan di facebook milikku, sudah lama aku ngga membaca catatan yang ada di fb milikku itu..

dan saat itu juga, aku menemukan catatan ini!

langsung saja aku baca, dan aku langsung mempostingnya disini (karena menurutku ini adalah sebuah tulisan yang amat sangat bagus, bahkan aku sempat tidak mempercayai bahwa aku sendirilah yang menulis catatan itu!)

ketika membaca tulisan ini,
segera saja aku teringat impianku, yang sempat kulupakan, dan sekarang telah kembali menjadi impianku lagi.
yaitu,

Selalu tersenyum! Agar seseorang menjadikan aku sebagai alasan mengapa dia hidup didunia ini! Selalu tersenyum dengan penuh keikhlasan, agar orang orang merasa kuat dan tegar ketika bersamaku..

Memang ya, tersenyum adalah sesuatu yang menyenangkan dan mudah. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s