Dua Kesalahan “LAGI” di Hari Kedua Ujian Tengah Semester.

dear teman.
aku baru memiliki kesempatan untuk memposting lagi hari ini.
dalam dua hari terakhir ini, ada banyak peristiwa yang ingin aku ceritakan padaa kalian.
aku harus mulai menceritakannya darimana ya…

selasa, 04 oktober 2011
hari kedua ujian tengah semester ganjil sma al masoem

hari itu aku bertarung dengan kimia dan bahasa sunda.
hari sebelumnya, aku memfokuskan diri untuk mempelajari kimia.
aku ingin nilai kimiaku besar. kalau bahasa sunda, aku teh sedikit menyepelekannya. TT”
aku langsung belajar kimia, bahkan aku berupaya keras.

materi yang tidak pernah bisa untuk aku mengerti di kimia adalah,
sifat sifat keperiodikkan unsur.
mulai dari : jari jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.
rasanya aku ingin pasrah saja pada materi itu, entah kenapa untuk memahaminya bsgitu sulit.

aku sudah meminta teman temanku untuk menjelaskannya perlahan lahan,
namun aku tetap saja merasa tidak mengerti. TT”

setelah lama berjuang, hingga hari selasa tiba,
aku hanya bisa memahami : jari jari atom, dan energi ionisasi.
dan, bagaimana dengan nasib bahasa sunda? entahlah.. aku lebih memikirkan kimia.

hari selasa tiba, dan kimia pun tiba sebagai pelajaran pertamaku di hari selasa.
allhamdulillah, secara keseluruhan aku bisa mengerjakan soal kimia.
dan aku percaya dengan hasil yang baik.

namun teman teman, percaya tidak? aku berbuat dua kesalahan lagi! :'(((

dan itu kesalahan karena kecerobohan dan ketidaktelitian ku!

coba yah, begini.

kesalahan pertama. sebenarnya aku bisa mengerjakan soal kimia yang menentukan golongan dan periodisasi melalui konfigurasi elektron. konfigurasi elektron, aku sudah bisa menguasai materi itu.

tapi kalian bisa membayangkan betapa teledornya aku ini. TT”

begini, ada soal : unsur dengan konfigurasi elektron 2, 8, 4 dalam sistem periodik terletak pada …

tentu saja aku bisa mengerjakan soal ini. aku tahu jawabannya. bahkan aku kotret dulu jawabannya di soal.
jawabannya adalah : periode 3, golongan IVA dan ini ada di option E.

namun, bisakah kalian membayangkan?

mengapa aku melingkari option C dimana jawabannya adalah : periode 4, golongan IVA ??

beneran gereget banget!! aku teledorkan? bahkan setelah aku check saat hendak mengumpulkan jawaban ke pengawas, aku merasa jawabannya sudah benar. konyolkan?? aku ngga mengerti kenapa aku bisa seceroboh ini?? padahal aku tahu jawaban tepatnya, aku bisa menjawab soal ini, namun kenapa bisa aku melakukan kesalahan ini?? TT” apakah mataku sudah tidak ‘awas’ lagi ya?? TT” Ya Allah, aku benar benar merasa sangat sedih sekali. :'(

kesalahan kedua.
kesalahan fatal yang aku lakukan di essay. soalnya essay nilainya besar, jadi harus diisi.
soalnya tentang energi ionisasi.

langsung saja ya, begini lho! aku menjawabnya dengan benar. senang sekali, soalnya aku diskusikan dengan teman sekelasku. wajar aku senang, karena energi ionisasi kan materi yang sulit banget aku pelajari, namun akhirnya aku bisa.

tapiii!~ (ada tapinya)
jawabanku ngga lengkap!! :<< haaaaaa~ gereget pisan coba!

gini, soalnya begini : manakah unsur di bawah ini yang memiliki energi ionisasi terbesar? JELASKAN!

tau ngga kenapa kata "jelaskan" aku besarin?

soalnya di jawabanku, aku TIDAK MENJELASKAN mengapa aku memilih unsur yang energi ionisasinya.

gatau ya, mata aku saat membaca soalnya, hanya sampai '…energi ionisasi terbesar?' sungguh

:(( *percayalah* seolah olah, kata jelaskan itu tidak ada! makanya ketika aku menuliskan

jawaban, aku hanya menuliskan unsur nya saja. tanpa ada PENJELASAN sama sekali.

saat aku membahas soalnya sama teman teman,

'nuy, kamu penjelasannya apa yang energi ionisasi di essay no 3?'
'HAH? memangnya harus dijelasin yah?'

baru setelah itu aku baca, ternyata memang ada kata JELASKAN!

entah kenapa kesalahan seperti itu dapat terulang. benar benar kesalahan kecil daan sangat amat sekali di sayangkan. aku shock berat menerima kenyataan itu.
padahal jawabanku sudah benar, karena aku sudah memilih unsur yang tepat yang memiliki energi ionisasi yang paling besar, namun nilai nanti yang kudapatkan di soal ini, mungkin setengah, karena aku ngga menjelaskan kenapa aku memilih unsur itu.

Ya Allah, ternyata hari inipun aku melakukan dua kesalahan. :'(

namun aku bisa memetik pelajaran karena hari ini. :) karena kesalahan yang aku buat saat hari senin dan hari ini, aku mendapatkan pelajaran yang berguna untuk uts esok hari dan selanjutnya.

pertama : BACA SOAL SAMPAI AKHIR. harus membaca soalnya jangan setengah setengah. harus membuka mata lebar lebar! :<

kedua : Bila perlu, SOAL DIBACA DENGAN CARA DI UCAPKAN. agar soalnya terbaca keseluruhan, ngga ada yang terlewatkan. tapi dibacanya jangan keras keras, nanti mengganggu orang lain, ucapkan saja pelan pelan, seperti ketika kita membisikkan sesuatu pada orang lain. jadi nanti, (peringatan juga untukku) baca soalnya jangan didalam hati lagi. :)

yosh! itulah yang aku dapatkan hari ini untuk esok hari dan kedepannya. :D

well, semoga 'tips ketika menghadapi soal apapun' dariku ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membaca ceritaku ini. jangan sampai kalian melakukan hal yang sama denganku.

hehe. insya allah, kejadian ini ngga akan terulang lagi.

nah untuk bahasa sunda, allhamdulillah aku bisa. essay juga bisa kok. gatau sama PG nya, soalnya bingung, ada banyak kata kata yang susah aku mengerti hehehe.
bismillah aja ah! aku akan menunggu.

– – –

nah, itu ceritaku saat hari selasa.
aku berharap dan ingin mempercayai nilai kimia dan bahasa sunda dan semua mata pelajaran

lainnya DELAPAN! :D aku ngga ingin kurang dari 8, namun kalau bisa diatas 8 itu lebih bagus

lagi. :D amieeen. :D (kalian, doakan aku juga ya! :D

well, menurut kalian, aku akan mendapatkan nilai berapa untuk kimia dan bahasa sundaku? :)

n.b : cerita untuk hari ketiga dan keempatnya akan menyusul ya teman teman. hari ini untuk hari keduaku UTS.
aku masih semangat dengan UTS GANJIL yang aku jalani.
Doakan aku ya teman teman. :) semoga aku bisa mengerjakan soalnya dengan lancar. Amien.

Semaaaangaaaat Nunuii! You can Do that! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s