Ceritaku, Dua Hari Menjelang Lebaran!

aku memulai hari senin itu dengan penuh kebahagiaan.
aku bangun pagi, hehe. sudah solat subuh, ngga tidur lagi.
naah, karena kutahu besok lebaran sudah tiba, aku mulai bebersih rumah.
aku membersihkan kamarku, mengganti sprei kamar, dan merapikan sisanya.
setelah itu aku beranjak ke ruang tamuku.
aku ngelap lemari lemari, buffet buffet, kursi, dan lain lain.
anggota keluargaku sibuk semua hari ini. kalian percaya?
adikku membersihkan mushola, ayah membersihkan pekarangan rumah..
lalu ibu? ibu mulai menata kue keringnya.
semuanya sibuk bukan? hehehe
setelah pekerjaan setiap anggota keluargaku selesai, nah mereka semua akan pergi.
kecuali aku. *karena aku masih belum menyelesaikan pekerjaanku*
dika, pergi ke warnet *seperti biasa, rasanya dika ngga tahan kalau sehari ngga ke warnet

alias main game online* beuuhh..
ayahku, pergi ke kantor, katanya ada sedikit pekerjaan yang belum di selesaikan di sana.
kata ayah, itu cuma sebentar, nanti langsung pulang, katanya.
nah ibu, pergi kerumah nenek diantar naik motor ayah.
pergi kerumah nenek? mau ngapain?
heheh, mau bikin ketupat. ibu perlu bantuan nenek untuk membuat ketupat, makanya setiap

menjelang lebaran, pergi ke rumah nenek adalah sebuah rutinitas, hehehe.
selain ketupaat, nnti dirumah nenek juga mau bikin semua hal yang berkaitan dengan lebaran.
*nanti deh aku kasih tahu nya, supaya ngga penasaran.. heheh*

aku tetep diam di rumah, soalnya ada satu pekerjaan yang belum terselesaikan.
*kenapa coba? bisa tebak? heheh*
padahal kan nyapu nyapu udah, ngelap ngelap udah, bebersih udah.. apa lagi yang belum?
hahah, ituu~ ngepel ruang tamu.
itu jadi bagianku, sebenarnya dika menawarkan bantuan, tapi aku menolaknya, aku pikir akan

lebih mudah jika aku menyelesaikannya sendirian.
so, aku ngepel ruang tamu yang ukurannya cukup besar.
aku ngepel kamarnya ayah ibu, dika, juga kamar milikku.
phew~ lumayan menghabiskan tenaga. butuh waktu satu jam.
sekalian juga aku mengepel dapurku. lantainya kelihatan berminyak.
oh ya, sembari mengepel, aku juga setel musik, supaya aku menikmati kegiatan mengepelnya.
tahu ngga aku nyetel musik apa aja? heheh
lagu korea semua!! heheh tapi yang ngebeat gitu, supaya bikin semangat. hehehe. pokonya mah

ngga slow gitu. nih aku kasih sample musik yang aku mainkan. hehehe
>shinee – ring ding dong
>2pm – without you
>2pm – hands up
>shinee – lucifer
>B1A4 – ok
dan masih banyak lagi.. hehehe
lumayan lah, ngepel sendirian di rumah, sambil bisa nyanyi keras keras sendirian. hehehe.

kan sudah ngepel, badanku keringetan semua. tadinya mau langsung mandi.
aku ingat kata orangtuaku, katannya kalau badan sedang keringetan, ngga boleh langusng

mandi. nantinya bisa sakit.
yaudah aku mendinginkan badanku terlebih dahulu. aku beristirahat di ruang keluarga, sambil

memotong kuku di kakiku.
kebetulan sekali, kuku disana sudah pararanjang. sebenarnya, sudah gatel pengen cepet motong

kukunya, tapi belum ada waktu.. kebetulan sekarang ada, yaudah aku potong. kekeke. *aku ngga

jorok yaa~ hihihi*
nah merasa badanku sudah dingin dan kembali normal. aku pun bergegas mandi.

sesudah mandi, aku bersiap siap untuk pergi ke rumah nenek.
aku harus membantu ibu dan nenek memasak di sana, walaupun aku ngga tahu akan membantu apa,

setidaknya pasti ada sesuatu hal yang bisa aku lakukan di sana.
ternyata setelah tiba di rumah nenek, aku sudah telat.
bagian yang kupikir akan bisa aku lakukan, sudah di lakukan semua oleh ibu.
bagian itu seperti memotong wortel, mencuci daging ayam, memotong bakso, buncis, dan

smuanya! ternyata semuanya sudah selesai oleh ibu.
yah, rasanya sedih juga ngga bisa membantu apa apa. jadinya aku hanya menemani nenek dan ibu

mengobrol supaya ngga merasa capek. *aku ngga tahu apakah itu membantu nenek dan ibu atau

tidak, tapi aku sudah berusaha semampuku..*

ditengah jalan, aku malah ketiduran di sofa rumah nenek.
*aduuuh beeuh, aku teh ngga bisa diandalkan pisan nya?*
kayaknya sih, aku tidur lumayan lama.
aku bangun sekitar jam dua siangan, saat itu aku mendapati bahwa ada ayah di sampingku.
ternyata ayah sudah pulang dari kantor dan mampir ke rumah nenek. hehehe.
kata ibu, aku tidurnya nyenyak sekali.
dipanggil panggil ngga bangun bangun katanya.
hahaha, bukan maksudku begitu kok buu.. hehehe
nah, saat aku bangun juga, ternyata semuanya hampir selesai. waduh, aku semakin ngga bantuin

apa apa ya.. maafin aku ya..
ujung ujungnya, aku malah ngajak nenek ngobrol, sama ibu juga.
*jadi maluu~*

semuanya selesai sekitar jam lima sorean.
semua masakan sudah selesai. *allhamdulillah…*
oh ya, aku belum memberitahu kalian masakan yang di buat di rumah nenekku ya??
maaf maaf.. hehehe
nih, nenek sama ibu teh masak lima macam masakan yang harus ada di rumah versi keluargaku,

*hehehe peace* masakan itu diantaranya :
-ketupat
-gepuk
-capcay
-kentang meraah
and the last, the most special is : GULE! hahaha XD
tau ngga teman teman?
gule itu adalah makanan favoritku, soalnya makannya juga setahun sekali, hanya saat lebaran

tiba. makanya setiap kali lebaran selalu berkesan buatku, karena bisa menikmati gule yang

super enak dari nenek.
di keluargaku jarang sekali membuat gule, rasanya kalau memang di lihat, gule itu hanya

dibuatnya saat lebaran tiba saja.
duuh gulee gulee, walaupun langka, tapi kamu pantas dinanti karena rasamuu~ hehehe
iya lho! beneran!
gule buatan nenek sangat enaaaaaak sekali. duh, kata ‘enak’pun ngga bisa mewakili rasanya

yang benar benar mantap dilidahku. enak bangeeeet, seratus jempol ngga cukup!
wanginya itu lhoo~ khas banget, gurih, mantap, dan harum.
rasanya itu, mantap banget. khas dari gule.
dagingnya itu, empuuuk.. enak bangeeeeet..
semuanya enak! aku suka sekali gule buatan nenek. ^^
memang pantas dinanti yah lebaran itu *karena ada gulenya >,< hehehe*
kalian harus coba sendiri yah! gule buatan nenekku ini.
*buatku, gule nenek adalah gule terenak di dunia* hehehe

naaah, tiba dirumah ku, semua masakan di pindahkan kedalam tempat tempatnya.
saat itu jam setengah enam. aku pikir, lebaranku bakalan jadi, heheh, soalnya gulenya juga

sudah jadi.
allhamdulillah adzan pun berkumandang, kita semua sudah berbuka puasa! hehehe
aku minum segelas air putih, didepan mataku sudah ada kupat hahaha >,<
sesudah memakan beberapa makanan manis sebagai pembuka, saaat nya maaakaaan. hehehe
semuanya mengambil makanan yang di masak di rumah nenek.
kebetulan hari ini makannya sama ketupat, soalnya ibu ngga keburu masak nasi.
jaaah~ lebaran duluan niih. hehehe.
naah, langsung aja aku ngambil gule ku. hehehe.
saat di makan, ya ampuuuun.. aku ngga bisa menggambarkan betapa enaknya gule nenek.
ayah, ibu, dan dika berkata sikapku berlebihan. hahaaha.
tapi begitulah caraku menunjukan betapa enaknya gule buatan nenek. hehehe.
setelah selesai makan, aku dan keluargaku melaksanakan solat magrib.
nah, kalau kalian ingin tahu, biasanya di keluargaku makan itu setelah solat magrib, tapi

hari ini makan sebelum solat magrib. jaaah, di maklumi, kan ada gule yang bikin ngga nahan.

hehehehe *daripada pas solat kebayang gule melulu, wkwkwk*

setelah solat magrib, keluargaku menunggu di ruang keluarga, di depan tv.
untuk apa lagi? untuk melihat penentuan satu syawal lewat sidang itsbat yang di lakukan

pemerintah.
rasannya berdebar debar, kapan yah jadinya lebaran? besok selasa atau lusa di hari rabu?
aku terus mengikuti sidang itsbatnya, keluargaku juga begitu..
dan ternyataaa~~
satu syawal di tetapkan oleh pemerintah di hari rabu tanggal 31 agustus!
wadduuuh, bagaimana ini??
tapi keluargaku mah ngga ribet ribet amat, soalnya ayah dan ibuku mengikuti pemerintah, yang

berarti lebaran untuk keluarga kami ada di hari rabu.
aku nih yang rada shock, hahaha. udah menantikan lebaran besok si hari selasa, eeh jadinya

hari rabu.. bagaimana ini? hehehe
yaaah, aku terima aja. kata ayahku, kita harus bersyukur, kita di kasih kesempatan untuk

berpuasa sehari lagi. allhamdulillah.. aku masih bisa menikmati puasa ini. hehehe.
karena sudah melihat satu syawal adaalah hari rabu, aku dan ayah berarti harus melaksanakan

solat tarawih yang terakhir kalinya.. berarti solat tarawih yang aku lakukan kemarin, itu

bukannlah yang terakhir kalinya, justru hari ini yang menjadi terakhir..
jadi sekitar  jam sembilan kurang seperempat malam, aku dan ayah melaksanakan solat taraweh

sebelas rakaat. kemana dika dan ibu? hahaha, mereka sudah ada di pulau kapuk *alias sudah

tidur! heheheh*
setelah taraweh, aku memutuskan untuk segera tidur, supaya sahur besok ngga kesiangan.
saatnya puasa sehari lagi! \(^^)/

jadi inget nih banyolan nya ayah..
katanya teh, “lebarannya ngga jadi niih..”
terus, “pasar bakalan marema sehari lagi niih..” *untung buat pedagang, hehe*
lalu, “waduh! ketupatnya keburu haseum nih.”
hahaha, dasar si ayah! bisa aaajaa~ hehehe.

nah itulah ceritaku dalam dua hari menjelang lebaran *udah tahu sekarang mah lebarannya kapan*
ini pertama kalinya buatku, mengalami lebaran yang diundur, tapi ngga apa.. itu bisa jadi pengalaman baru buatku kan? hehehe.
bagaimana dengan kalian? :)

nunuiichan – 30 agustus 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s